Asana Yoga, Obat Tokcer untuk Sembuhkan Asma | Breaktime
Asana Yoga, Obat Tokcer untuk Sembuhkan Asma
14.05.2015

Bagi penderita asma, olahraga seolah menjelma menjadi aktivitas yang “A BIG NO”. Pasalnya, kegiatan yang terlalu berat dan melelahkan justru akan memicu penderita asma mengalami sesak napas dan rasa nyeri pada bagian dada pun.

Namun, tak semua olahraga pantang dilakukan oleh penderita asma. Olahraga yang melatih teknik pernapasan dengan baik seperti yoga dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat berperan positif untuk menyembuhkan penyakit asma, lho!

Yoga sendiri memiliki jenis yang sangat beragam mulai dari acroyoga, yogaqua, asana yoga, dan jenis-jenis lainnya yang masing-masing memiliki manfaat tertentu bagi kebugaran tubuh. Lalu, jenis yoga manakah yang paling cocok untuk dilakukan oleh penderita asma?

Barbara Benagh, seorang instruktur yoga yang kini memiliki studio yoga sendiri di Boston sempat menuturkan pengalamannya dalam menyembuhkan asma dengan melakukan asana yoga. Selama lebih dari 27 tahun, Barbara mempraktikan sekaligus mengajarkan yoga.

Barbara Benagh sembuhkan asma dengan rutin asana yoga
Barbara Benagh sembuhkan asma dengan rutin asana yoga

Ia pun sempat harus berjuang keras untuk tetap melanjutkan yoga di tengah serangan penyakit asma yang bertambah parah. Namun dengan ketekunannya dalam menguasai teknik pernapasan asana yoga, penyakit asma Barbara seolah lenyap.

Kegemarannya bersepeda yang sempat lama ditinggalkannya pun akhirnya bisa kembali ia lakukan. Setelah satu tahun mempraktikkan asana yoga, Barbara mampu bersepeda mengelilingi Colorado Loveland sejauh 3,6 km dan bersepeda dari Boston ke New York City selama sepekan tanpa satu kalipun mengalami sesak napas. Wow!

Bagaimana? Apakah B’timers tertarik untuk melakukan asana yoga? Bila Anda khawatir akan mengalami gangguan pernapasan saat melakukannya, Barbara memiliki sejumlah tips. Setelah menarik nafas dalam-dalam, tahan hidup Anda dan gerakkan kepala ke bawah dan ke atas selama beberapa saat. Berhentilah ketika B’timers harus mengambil nafas.

Siapa tahu dengan melakukan asana yoga secara rutin, penyakit asma B’timers akan segera menyingkir dan Anda pun dapat kembali melakukan banyak olahraga fun tanpa perlu merasa was-was karena asma.

Share This Article