Asam Amino, Cara Kilat Agar Otot Cepat Berisi | Breaktime
Asam Amino, Cara Kilat Agar Otot Cepat Berisi
15.10.2015

Gemas dengan bentuk otot yang tak kunjung membesar padahal B’timers tak pernah absen nge-gym? Well,  bisa jadi ini karena tubuh Anda tengah kekurangan asam amino. Namun, dengan konsumsi asam amino secara rutin, otot akan bekerja lebih optimal untuk melancarkan metabolisme dan memperbaiki jaringan tubuh.

Lalu, kapankan waktu yang tepat untuk konsumsi asam amino? Yuk, intip ulasannya!

Setiap waktu makan

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition bulan Juni 2014, konsumsi protein setiap kali makan akan membuat tubuh memiliki stok asam amino yang lebih banyak. Normalnya, pria membutuhkan 56 gr protein dan wanita butuh 46 gr protein per hari. Anda bisa mendapatkannya dengan konsumsi daging, telur, kepiting, maupun kacang Almond.

Sebelum olahraga

The American College of Sports Nutrition menganjurkan untuk mengonsumsi protein  sebelum olahraga. Studi mengungkap bahwa konsumsi asam pada waktu ini akan merangsang otot melakukan sintesis protein lebih baik sehingga bentuknya pun jadi lebih kekar.

Asam Amino, Cara Kilat Agar Otot Cepat Berisi | Breaktime
Kembalikan kekuatan otot usai olahraga dengan konsumsi daging dan sayur

Sesudah olahraga

Ini adalah waktu “emas” bagi Anda para atlet yang ingin merasakan manfaat langsung asam amino pada tubuh. Setelah otot mengalami stres usai olahraga, kembalikan keadaan dan pertumbuhannya dengan mengonsumsi nutrisi asam amino. Otot akan bekerja layaknya “spons” yang mampu menyerap asam amino dengan cepat.

Sebelum tidur

Tidur dalam keadaan tak mengonsumsi makanan apapun beberapa jam sebelumnya bisa bikin otot kuwalahan, lho. Sebab, otot dipaksa untuk mengubah asam amino menjadi bahan bakar bagi proses metabolisme.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi protein kasein yang akan melepaskan nutrisi penting bagi otot sepanjang malam.  Meminum segelas susu hangat sangat dianjurkan untuk mempertahankan massa otot, terutama bagi Anda pecinta kebugaran.

Salah satu menu makanan yang kaya asam amino adalah quinoa. 250 mg biji quinoa mengandung 22 gr protein, rendah lemak, kaya akan zat besi, mangan, magnesium, fosfor, dan kalsium yang juga baik bagi pertumbuhan tulang sehat. Anda juga bisa mendapatkannya dari wijen  yang juga mengandung lesitin, peluntur lemak dan pelindung tubuh dari racun lingkungan.

Kini, Anda siap untuk lebih rutin mengonsumsi asam amino dan meraskan manfaatnya secara langsung pada bentuk tubuh yang lebih oke dan kesehatan secara menyeluruh, bukan?

Share This Article