Banyak Berkeringat Berarti Lemak Ikut Keluar? | Breaktime
Apakah Banyak Berkeringat Berarti Lemak Ikut Keluar?
11.12.2015

B’timers, sebenarnya dengan semakin banyak kita berkeringat semakin bagus karena lemak ikut terbuang? Setelah selesai berolahraga, keringat pasti akan membanjiri badan seolah Anda habis berenang. Dan dengan mendapatkan banyak keringat di tubuh, Anda merasa puas karena menganggap lemak ikut keluar. Tapi, apakah benar demikian?

Berkeringat memang salah satu cara kita mengeluarkan lemak, namun bukan berarti dengan berkeringat berat badan kita ikut turun. Sebenarnya, satu hal yang perlu kita ketahui adalah keringat merupakan satu cara tubuh menjaga suhu badan tetap normal. Jika kita berolahraga, suhu tubuh akan meningkat, dan apabila peningkatannya terlalu drastis, hal tersebut akan membahayakan organ dalam kita. Nah, untuk menghindari resiko tersebut, kita secara alami akan menyesuaikan suhu dengan cara mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh.

Ketika keringat diproduksi, dan keluar melalui pori-pori, suhu tubuh akan perlahan menurun. Proses tersebut akan berlangsung selama Anda berolahraga, hingga suhu tubuh berada di posisi normal.

Banyak Berkeringat Berarti Lemak Ikut Keluar? | Breaktime
Keringat ternyata hanya mengandung cairan

Hubungan dengan berat badan

Berat badan Anda akan berkurang, dengan cara berkeringat, buang air, bahkan rambut yang rontok sekalipun. Jadi, jika Anda bertanya apakah berkeringat membuat berat badan berkurang? Ya. Hal tersebut sayangnya hanya bersifat sementara. Karena bagaimanapun setelah Anda makan atau minum sesuatu setelah olahraga, berat badan akan naik kembali.

Sebagian orang bahkan pergi berlatih dengan tubuh terbungkus jaket tebal. Dan yang lebih parah mungkin Anda pernah berpapasan dengan orang yang berlari di tengah hari dengan maksud membakar lemak melalui keringat. Tapi hal tersebut salah, karena hanya berat dari kandungan air dari tubuh yang terbuang saat Anda berkeringat. Jadi jangan menghubungkan banyaknya keringat yang dihasilkan dengan jumlah kalori yang terbuang.

Tips berolahraga

Setiap manusia terlahir dengan kelenjar keringat di tubuhnya. Dan masing-masing orang memiliki kadar yang berbeda dalam mengeluarkan keringat. Seperti pada pria, yang memiliki kelenjar keringat lebih sedikit dari wanita, namun tetap lebih banyak berkeringat. Hal tersebut dikarenakan kelenjar pada pria lebih aktif.

Di beberapa kasus, mereka yang terbiasa berolahraga dengan mengenakan pakaian tertutup, bisa beresiko kematian. Karena kehilangan terlalu banyak cairan, atau akibat menggunakan jaket misalnya, tubuh tidak bisa menjaga suhu normalnya.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan 20 hingga 30 menit sebelum dan sesudah berolahraga untuk minum air, untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Selama berolahraga pun Anda bisa tetap menghidrasi dengan mengkonsumsi cairan setiap 10 atau 20 menit sekali. Dengan demikian, meskipun berkeringat, tubuh tetap tidak kehilangan banyak elektrolit, jadi Anda tetap fit selama berolahraga.

Nah, B’timers, mulai saat ini tidak bingung lagi kan, mengapa berat badan tidak kunjung berkurang walaupun rutin berolahraga? Mungkin ada yang keliru dengan menu makan Anda jika berat badan malah naik. Jadi imbangi dengan diet sehat, ya? (no)

Share This Article