Apa Saja Sih, Manfaat Sebenarnya dari Puasa? | Breaktime
Apa Saja Sih, Manfaat Sebenarnya dari Puasa?
24.03.2016

B’timers tentu sudah kenal dengan ritual berpuasa. Ya, sebuah kegiatan di mana seseorang tidak akan makan dalam kurun waktu tertentu ini sangat menyehatkan, lho. Kok bisa? Benar, karena puasa bertujuan untuk mengistirahatkan organ pencernaan dalam beberapa waktu. Masih banyak manfaat dari puasa yang mungkin belum Anda ketahui secara menyeluruh. Apa saja itu?

Menyehatkan jantung

Puasa mampu menjamin kesehatan jantung B'timers. Ya, puasa sendiri adalah kegiatan tidak makan sesuatu dalam waktu tertentu. Jadi selama berpuasa, setelah karbohidrat habis maka lemak yang berlebih pada tubuh akan diubah menjadi energi. Akibatnya pembuluh darah menjadi bersih dan jantung terbebas dari penyakit.

Meningkatkan fungsi otak

Ya, manfaat dari puasa selanjutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Puasa secara alami meningkatkan neurotropik yang awalnya diturunkan oleh otak. Akibatnya, otak akan terangsang untuk memproduksi sel-sel otak lebih banyak sehingga manusia bisa berpikir lebih optimal di kala mengerjakan sesuatu.

Menurunkan stres

Seseorang yang berpuasa akan mengalami penurunan risiko terserang stres. Hal ini disebabkan karena jumlah hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal menurun. Akibatnya, seseorang yang berpuasa lebih kecil kemungkinannya terserang stres.

Apa Saja Sih, Manfaat Sebenarnya dari Puasa? | Breaktime
Ingin sehat dengan cepat, ayo mulai berpuasa!

Mempertajam daya pikir

Puasa dapat mengontrol emosi dan pikiran seseorang. Seseorang yang berpuasa maka lajur pikirannya akan tenang dan melambat. Jadi, ketika seseorang mengalami fase tersebut, maka setiap keputusannya akan dipikir secara berulang-ulang dan fokus. Akibatnya, keputusan yang diambil 80% akurat dibandingkan saat tidak berpuasa.

Mengontrol yang sulit dikontrol

Berpuasa bisa membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang kurang baik untuk Anda selama ini, seperti merokok dan terlalu banyak ngemil misalnya. Kok bisa? Ya, selain faktor energi yang dikurangi sedemikian rupa ketika berpuasa, emosi seseorang akan terkendali dengan baik saat itu juga.

Menarik sekali bukan? Semua manfaat dari puasa tersebut akan Anda dapatkan secara praktis dalam satu kegiatan saja. Lakukan secara bersungguh-sungguh, agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang Anda butuhkan. Yuk puasa, B'timers! (wsu)

Share This Article