Apa Saja Manfaat Rahasia Cuka Apel untuk Kesehatan? | Breaktime
Apa Saja Manfaat Rahasia Cuka Apel untuk Kesehatan?
27.08.2015

Sedang berkutat dengan program diet untuk memberantas lemak? Harus diakui, pada kenyataannya tak ada diet yang bisa dilakukan dengan semudah itu. Namun, minuman yang satu ini bisa bantu turunkan berat badan tanpa ribet, lho. Ya, cuka apel memang terkadang menimbulkan pro dan kontra. Namun, sebenarnya minuman ini memang ampuh untuk membakar lemak. Nah, apa saja manfaat kesehatan lain yang bisa didapat dari cuka apel?

Menurunkan berat badan

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Jepang dan diterbitkan dalam Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, orang yang meminum cuka apel secara rutin selama 12 minggu lebih banyak mengalami penurunan berat badan dibandingkan orang yang hanya minum air putih.

Baca juga : Diet Madu, Ampuh untuk Tumpas Lemak di Tubuh

Mengatasi bau napas tak sedap

Dalam cuka apel terdapat kandungan anti bakteri yang mampu memberantas plak, serta membunuh bakteri yang menyebabkan bau napas dan bahkan sakit tenggorokan.

Cuka apel dapat membantu mengatasi bau napas tak sedap
Cuka apel dapat membantu mengatasi bau napas tak sedap

Melindungi jantung Anda

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, cuka apel dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tikus. Hal yang sama diyakini juga terjadi pada manusia.

Membantu menyeimbangkan kadar gula darah

Banyak penelitian menyebutkan bahwa cuka apel dapat membantu mengatasi masalah diabetes dan meregulasi gula darah. Meminum cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin terhadap makanan tinggi karbohidrat sehingga memperlambat naiknya gula darah.

Memperlancar pencernaan

Makanan yang difermentasi seperti cuka apel, dapat membantu proses pencernaan. Meminum cuka apel dapat membantu pertumbuhan bakteri usus yang sehat serta melancarkan proses pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang sehat, tubuh pun jadi ikut sehat.

Cuka apel juga baik untuk mencegah kanker
Cuka apel juga baik untuk mencegah kanker

Mencegah kanker

Tahukah Anda? Cuka apel kaya kandungan polifenol yang dapat membantu melawan stres oksidatif. Berdasarkan sejumlah penelitian, banyak mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker.

Menyeimbangkan tingkat pH

Menurut sejumlah penelitian, cuka apel dapat membantu mengembalikan alkalinitas dalam tubuh, yang kemudian mempercepat metabolisme, memperkuat sistem kekebalan dan memperlambat proses penuaan. Selain itu juga dapat membuat kulit tampak lebih halus dan tak berkeriput.

Itulah manfaat kesehatan di balik cuka apel, B’timers. So, mengapa tak mulai membiasakan meminumnya?

Share This Article