Apa Itu Gangguan Binge Eating? Cari Tahu, Yuk! | Breaktime
Apa Itu Gangguan Binge Eating? Cari Tahu, Yuk!
12.05.2016

Makan memang kebutuhan pokok dalam hidup, B’timers. Namun bagaimana jika Anda makan terus-menerus dalam jumlah besar? Well, selain kebutuhan makan juga merupakan insting makhluk hidup. Namun, bukan berarti Anda tidak berhenti makan sepanjang hari. Jika Anda merasa sering makan banyak seolah tak pernah kenyang, Anda harus mewaspadai kemungkinan terserang gangguan binge eating. Apa itu?

Sekilas tentang binge eating

B’timers, binge eating adalah gangguan makan yang serius di mana Anda sering mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang luar biasa besar dan merasa tidak mampu untuk berhenti makan. Sebenarnya, hampir semua orang selalu makan di setiap kesempatan. Seperti halnya Anda yang makan dua kali atau 3 kali sebelum jam makan siang saat liburan. Namun, bagi sebagian orang yang makan berlebihan dan serasa di luar kendali ada kemungkinan menjurus pada gangguan binge eating.

Apa Itu Gangguan Binge Eating? Cari Tahu, Yuk! | Breaktime
Sering makan sembunyi-sembunyi

Gejala dan penyebab binge eating

Gejala gangguan binge eating sebenarnya mudah untuk dikenali. Gejala yang kerap muncul di antaranya adalah makan dalam jumlah yang luar biasa besar dalam waktu tertentu misalnya 2 jam sekali, merasa bahwa perilaku makan berada di luar kendali dan tetap makan bahkan ketika kenyang atau tidak lapar.

Ciri-ciri binge eating selanjutnya adalah, makan cepat selama episode binge dan sering makan diam-diam. Biasanya, pengidap binge eating sering merasa tertekan, jijik, malu, merasa bersalah atau marah pada diri sendiri pada diri Anda. Lucunya, penderita binge eating sering melalukan diet meski tanpa kehilangan berat badan dan kalap lagi ketika melihat makanan.

Apa Itu Gangguan Binge Eating? Cari Tahu, Yuk! | Breaktime
Tidak tahan melihat makanan meski dalam kondisi kenyang

Sementara itu, ada berapa penyebab yang memungkinkan binge eating terjadi. Di antaranya, riwayat keluarga, masalah psikologis, efek diet ketat dan faktor usia. Namun, binge eating bukanlah sebuah gangguan yang tak bisa diatasi kok, B’timers.

Cara mengatasi

Jika Anda memiliki gejala gangguan binge eating seperti yang disebutkan di atas, carilah bantuan medis sesegera mungkin. Gangguan ini biasanya tidak bisa sembuh dengan sendirinya dan mungkin semakin memburuk jika tidak diobati. Karena itu, temui dokter atau penyedia kesehatan mental khusus tentang binge eating, B’timers.

Namun, jika Anda enggan untuk mencari pengobatan secara medis, mintalah bantuan pada seseorang yang Anda percaya untuk membantu mengatasi apa yang Anda alami. Misalnya sahabat, kekasih, guru atau keluarga yang dapat membantu mengalihkan perhatian Anda pada kebiasaan makan berlebihan sehingga sembuh dari gangguan binge eating. (nap)

Share This Article