Aman dan Sehat, Pilih Diet Berdasarkan Golongan Darah | BREAKTIME
Aman dan Sehat, Pilih Diet Berdasarkan Golongan Darah
20.03.2015

Jika B’timers sudah menjalankan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi serta berolahraga secara teratur, namun masih merasa letih di siang hari, mengalami masalah pencernaan atau sulit menurunkan berat badan, maka diet satu ini bisa dicoba.

Menurut Dr. Peter J. D’Adamo, penulis Eat Right 4 Your Type, apapun golongan darah seseorang, itu bisa menunjukkan segala hal tentang kepribadian dan apa yang dibutuhkan tubuh Anda. Inilah yang dikatakan Dr. D'Adamo tentang makanan yang dapat membantu B’timers sukses dalam diet sehat:

Makanan untuk golongan darah O
Makanan untuk golongan darah O

What to eat:

Makanlah daging sapi tanpa lemak, daging domba, kalkun, ayam atau ikan, kelp, serta seafood yang akan menurunkan tingkat iodine Anda dan mengoptimalkan fungsi thyroid.

What to avoid:

Sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi olahan susu, telur, kacang-kacangan, dan gandum karena bisa mengganggu pencernaan.

Makanan untuk golongan darah A
Makanan untuk golongan darah A

What to eat:

Pilih buah-buahan seperti apel, alpukat, buah pir dan peach sebagai teman diet yang menyehatkan. Makanlah sayuran seperti brokoli, wortel, dan bawang putih untuk mengoptimalkan performa organ tubuh. Sumber proteinnya dapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

What to avoid:

Tingkat kortisol yang tinggi dapat menyebabkan gangguan tidur dan juga peningkatan lemak. Seimbangkan kortisol dengan mengurangi asupan gula, kafein dan alkohol, serta jangan pernah melewatkan sarapan.

Makanan untuk golongan darah B
Makanan untuk golongan darah B

What to eat:

Perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau dan buah-buahan seperti pisang, anggur, plum serta nanas.

What to avoid:

Kurangi konsumsi padi-padian dan hindari jagung, soba, kacang-kacangan serta gandum karena dapat mengakibatkan gangguan metabolisme.

Makanan untuk golongan darah AB
Makanan untuk golongan darah AB

What to eat:

B’timers memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah? Cobalah mengonsumsi banyak sayuran dengan variasi karbohidrat. Jadikan buah segar seperti ceri, anggur dan semangka sebagai snack. Seafood seperti salmon, sarden dan tuna juga baik untuk Anda.

What to avoid:

Konsumsi karbohidrat secukupnya, tetapi hindari jagung dan soba yang sulit dicerna oleh perut Anda. Jauhi juga daging yang diasap termasuk ayam, daging sapi, daging babi atau kerang-kerangan. Hindari juga kafein dan alkohol.

Mulai hari ini, cobalah memperbanyak makanan yang paling sesuai dengan golongan darah dan lihatlah perubahannya pada tubuh Anda.

Share This Article