Alasan Kenapa Jalan Lebih Sehat dari Lari | Breaktime
Alasan Kenapa Jalan Lebih Sehat dari Lari
11.04.2016

Apakah Anda meruoakan individu yang cukup sibuk, namun ingin hidup sehat dan memiliki tubuh indah, B’timers? Jika demikian, mulailah latihan fisik sekarang! Tapi, banyak dari kita yang masih ragu untuk memilih olahraga terbaik. Apakah itu jalan atau lari yang lebih sehat bagi tubuh.

Hmm, menurut James O’Keefe, seorang ahli jantung dari Saint Luke Mid America Heart Institute di Kansas City, jika tujuan Anda berolahraga adalah untuk kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan umur, maka berjalan sangat ideal. Dan berikut alasan kenapa jalan lebih sehat dari lari, B’timers.

Lari termasuk hal yang berat bagi jantung

Dilihat dari Journal of the American College of Cardiology, ditemukan bahwa mereka yang dalam seminggu berolahraga lari dengan kecepatan lebih dari 7 mil per jam, memiliki resiko kematian sama tingginya dengan yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Sebaliknya, jalan cepat atau jogging lambat selama 1 hingga 2 jam setiap minggu menurunkan resiko kematian sebesar 25 persen, B’timers.

Alasan Kenapa Jalan Lebih Sehat dari Lari | Breaktime
Lari tanpa mempedulikan jalur bisa membahayakan

Semakin cepat lari, tubuh beresiko sakit?

Jantung bukan satu-satunya bagian dari tubuh yang akan menderita jika Anda berlari. Latihan berlebihan juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, lho. Hal tersebutlah yang akhirnya akan meningkatkan resiko tubuh terserang penyakit, B’timers. Aktivitas yang berlebihan dapat meningkatkan kadar inflamasi protein yang memungkinkan virus berkembang di tubuh. Itulah kenapa jalan lebih sehat dari lari.

Berjalan pilihan terbaik untuk kesehatan

Lalu, apakah sebaiknya kita membatalkan marathon untuk merayakan hari lahir perusahaan minggu depan? Belum tentu, B’timers! Masalah mengapa lari buruk bagi kesehatan adalah masa pemulihan yang tidak seimbang. Inilah yang menyebabkan Anda lebih rentan cedera dan penyakit. Apalagi jika lari marathon dilakukan terlalu berlebihan untuk segera memangkas lemak di tubuh.

Alasan Kenapa Jalan Lebih Sehat dari Lari | Breaktime
Utamakan gerakan sempurna dari olahraga jalan

Kenapa harus jalan, bukan lari?

Berdasarkan penelitian dari American Heart Association’s Journal of Arteriosclerosis, Trombosis and Vascular Biology, menunjukkan bahwa energi yang dikeluarkan pejalan kaki dengan pelari adalah sama. Namun, mereka yang jalan akan mengalami penurunan berat badan lebih besar dari pelari, B’timers. Jalan kaki mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 9,3 persen, sementara lari hanya 4,5 persen.

Nah, itulah alasan kenapa jalan lebih sehat dari lari, B’timers. Tapi, tetap saja ada yang kurang jika olahraga hanya dengan berjalan saja. Hmm, jika jalan dilakukan dengan teknik yang benar, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kok, B’timers! (NO)

Share This Article