Air Kelapa, Minuman Segar yang Bisa Gantikan Sport Drinks | BREAKTIME
Air Kelapa, Minuman Segar yang Bisa Gantikan Sport Drinks
04.03.2015

Ketika B’timers berolahraga selama lebih dari satu jam pastinya tubuh akan mengeluarkan banyak sekali keringat. Di saat inilah tak jarang Anda akan merasa sangat kehausan dan segera meraih sports drink atau minuman bersoda. Well, tahukah Anda bahwa ternyata air kelapa ternyata mampu menggantikan sports drink, bahkan lebih baik untuk dikonsumsi daripada sekaleng soda?

Yap, air kelapa yang berasal dari kelapa hijau muda sangat kaya akan kandungan potasium dan antioksidan. Selain itu, bicara soal kandungan kalori, air kelapa muda memiliki kandungan kalori yang lebih rendah bila dibandingkan dengan minuman bersoda, lho. Nah, cocok sekali dijadikan minuman andalan usai olahraga saat Anda sedang menjalani diet kalori, bukan?

Allison Massey, seorang dietician yang terdaftar di Mercy Medical Center, Baltimore menuturkan bahwa air kelapa merupakan minuman pilihan yang tersedia di pasaran dengan kandungan nutrisi bermanfaat seperti kaya akan potasium dan terdapat sejumlah kecil nutrisi lainnya seperti sodium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

Menurut Chhandashri Bhattacharya, dosen kimia di Indiana University Southeast, New Albany yang melakukan analisis pada air kelapa menemukan hasil temuan unik bahwa tingginya kandungan potasium pada air kelapa ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan kram otot yang lazim terjadi ketika Anda berolahraga.

Lalu apakah air kelapa tepat untuk diminum dalam berbagai aktivitas olahraga? Well, it depends on individual, intensity, kind of sport, as well as duration of the activity. Sebagai contoh, bila waktu berolahraga Anda kurang dari 60 menit, water is the best choice for hydration.

Ya, meski kandungan elektrolit air kelapa sangat bagus dan bahkan bisa menggantikan peran sport drink, para ahli menekankan bahwa konsumsi air mineral secara rutin tetap menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Besides, adding coconut water as an additional beverage to consume from time to time is also the best thing you can do to stay hydrated.

Share This Article