Adakah Cara Mudah untuk Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Adakah Cara Mudah untuk Turunkan Berat Badan?
10.09.2015
“sangat sulit mengecilkan tubuh. bagaimana solusi agar olah raga tidak males. dan bisa dibantu dengan makan apa.?”



Thony Muhammad (19), Lumajang

Jika dihitung dari BMI (Body Mass Index) maka Thony mengalami obesitas. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk mengurangi berat badan dengan diet karena obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung koroner, diabetes, hipertensi, stroke, dan lain-lain. 

Diet yang dianjurkan untuk penderita obesitas bukan sembarang diet, namun diet diet rendah kalori gizi seimbang. Diet kalori ini dilakukan dengan menghindari makanan-makanan sumber karbohidrat, misalnya nasi, kentang, ubi, dan makanan-makanan lain yang mengandung zat tepung. Perbanyak konsumsi makanan berserat misalnya gandum, ikan, buah, kacang-kacangan, sayur, agar-agar. Dianjurkan untuk menurunkan berat badan sebanyak 0.5-1 kg dalam satu minggu. Diet semacam ini lebih efektif jika dibanding dengan penurunan yang terlalu drastis. 

Penderita obesitas harus mengurangi konsumsi nasi
Penderita obesitas harus mengurangi konsumsi nasi

Makanan dan minuman lain yang dianjurkan misalnya teh hijau (tanpa gula, bukan teh dalam kemasan), yoghurt. Hindari minum-minuman dalam kemasan yang mengandung banyak kalori, makanan dan minuman beralkohol, makanan berlemak ( misalnya kulit), kurangi makan makanan yang digoreng. Konsumsilah air putih sebanyak mungkin, karena air putih sangat berperan dalam proses diet dan memperlancar metabolisme tubuh.

Supaya tidak malas, Anda membutuhkan motivasi yang sangat kuat dari diri sendiri. Selain itu, dukungan dari orang sekitar anda juga sangat dibutuhkan untuk membantu proses ini.

Lakukan olahraga dengan tidak terlalu memaksakan diri. Cukup 30 menit sehari, lakukan 5x dalam satu minggu. Semoga membantu.

Share This Article