9 Asupan ‘Super’ untuk Ibu Menyusui | Breaktime
9 Asupan ‘Super’ untuk Ibu Menyusui
10.05.2015

B’timers, menimang buah hati memang menjadi momen yang sangat membahagiakan. Tapi ingat, Anda juga perlu memperhatikan banyak hal demi menjaga kesehatan si Kecil tersayang, termasuk mencermati asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat menyusui.

Nah, kali ini Breaktime akan membagikan 9 asupan super yang kaya nutrisi dan baik sekali untuk ibu menyusui dan sang buah hati:

Salmon

Disarankan untuk memasak sendiri ikan salmon daripada membelinya dalam bentuk kalengan
Disarankan untuk memasak sendiri ikan salmon daripada membelinya dalam bentuk kalengan

Pada dasarnya, segala jenis ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, namun salmon sangat direkomendasikan karena kandungan omega-3 berjenis Eicosapentaenoic acid (EPA dan Docosahexaenoic acid (DHA) di dalamnya cukup tinggi. EPA sendiri berfungsi sebagai pembentuk sel darah dan baik untuk jantung, sedangkan DHA bagus untuk perkembangan saraf serta dapat meningkatkan kecerdasan anak di masa pertumbuhan.

Susu kedelai

Susu kedelai merupakan jenis susu rendah lemak yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Di dalamnya, terkandung lesithin, antioksidan, saponin dan isoflavon; kandungan zat untuk pencegahan pertumbuhan sel tidak normal. Tapi hati-hati, kadang ada bayi yang alergi terhadap susu kedelai sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada buah hati.

Daging merah

Daging merah dianjurkan untuk dikonsumsi karena di dalamnya mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan ibu menyususi untuk menambah energi. Supaya lebih sehat, pastikan tak menyertakan bagian lemak saat memasak daging ya, B’timers!

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga baik untuk kekebalan tubuh ibu menyusui. Manfaat ini tentu saja juga diserap oleh si Kecil melalui ASI yang Anda berikan.

Blueberry

Blueberry juga mengandung vitamin C yang tinggi, hampir setara dengan jeruk
Blueberry juga mengandung vitamin C yang tinggi, hampir setara dengan jeruk

Blueberry kaya akan vitamin dan serat yang dibutuhkan ibu menyusui. Buah satu ini enak dikonsumsi langsung, bisa juga dijadikan jus atau dicampurkan dalam cake dan pudding sebagai hidangan pencuci mulut.

Gandum

Mengonsumsi gandum yang rendah kalori bisa membantu Anda mencapai bobot tubuh ideal setelah melahirkan. Selain itu, gandum juga kaya akan asam folat yang baik untuk kecerdasan otak buah hati tersayang.

Telur

Telur merupakan jenis makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Dengan mengonsumsi telur saat menyusui, maka sang ibu bisa terhindar dari pengeroposan tulang dan si Kecil akan memiliki tulang yang kuat berkat kandungan protein di dalamnya.

Air putih

Memang terkesan sepele, namun dengan mengonsumsi air putih secara rutin maka dapat memperlancar peredaran darah. Selain itu, air putih juga dibutuhkan agar tubuh tetap terhidrasi.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli sangat kaya akan vitamin A yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Selain itu, di dalam sayuran berwarna hijau juga tersimpan kalsium, vitamin C, dan zat besi.

Nah B’timers, jangan lewatkan kesembilan asupan ini dalam menu harian, ya! 

Share This Article