Sebab Wanita Jepang Tidak Bisa Gemuk, Apa Saja? | Breaktime
7 Sebab Wanita Jepang Tidak Bisa Gemuk, Apa Saja?
17.04.2016
“A good, functional and healthy body is the ultimate fashion statement” – Kiyokashu Wasida

Irinya setiap kali menonton drama Jepang yang selalu dibintangi wanita cantik. Tak hanya cantik, para wanita di Negara Matahari Terbit ini juga memiliki tubuh langsing yang tidak pernah bisa gemuk. Sementara kita, meskipun sudah melakukan diet mati-matian, berat badan tidak kunjung berkurang. Hmm, apa sebenarnya rahasia mereka dalam menjaga tubuh tetap ideal, ya? Intip 7 sebab wanita Jepang tidak bisa gemuk berikut ini, yuk, B’timers!

Diet sehat a la wanita Jepang

Makanan rumahan yang dimasak sendiri adalah kuncinya. Hidangan tradisional di Jepang biasanya terdiri dari ikan bakar, sedikit nasi, sayuran rebus, semangkuk sup miso dan teh hijau yang memiliki banyak khasiat. Tak ketinggalan buah-buahan segar untuk pencuci mulut. Jika dilihat, menu yang tampak sederhana namun bervariasi inilah yang menjaga berat badan wanita Jepang terjaga.

Sebab Wanita Jepang Tidak Bisa Gemuk, Apa Saja? | Breaktime
Buah segar adalah sumber makanan terbaik untuk diet

Menikmati hidangan dalam porsi kecil

Coba sesekali Anda perhatikan bahwa menu-menu yang disajikan di restoran Jepang semua pasti dihidangkan dalam mangkuk kecil, B’timers? Bagi mereka ini adalah cara terbaik untuk menikmati makanan. Selain itu wanita Jepang juga selalu makan dengan perlahan, lho. Berdasarkan penelitian, jika Anda makan dengan tergesa-gesa ternyata dapat menjadi penyebab tubuh gemuk, B’timers!

Pemilihan dalam mengolah makanan

Salah satu dari 7 sebab wanita jepang tidak bisa gemuk adalah mengolah setiap hidangan dengan cara benar. Mengukus, memanggang, menumis, merebus atau menggoreng merupakan cara memasak yang kita kenal. Bedanya, koki Jepang selalu memilih minyak yang sehat. Bahkan mereka akan menghindari terlalu lama memasak. Menurut orang Jepang, makanan segarlah yang baik bagi tubuh.

Sebab Wanita Jepang Tidak Bisa Gemuk, Apa Saja? | Breaktime
Biasakan si kecil makan makanan sehat yang dibuat sendiri

Tidak akan ada roti selain nasi

Diet bagi wanita Jepang adalah dengan tidak mengonsumsi roti. Mereka selalu menyajikan nasi di setiap jam makan, B’timers. Tepung terigu apapun jenisnya ternyata dapat membuat tubuh Anda semakin melar, lho! Namun belakangan ini, mereka mengganti nasi dengan brown rice yang lebih sehat. Tirulah wanita Jepang, jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan malah menjauhi nasi.

Sarapan sup miso penambah semangat

Di Jepang, sarapan dianggap sesuatu yang penting dan utama sebelum mereka keluar rumah dan mulai beraktivitas. Karena itulah orang Jepang, termasuk wanitanya akan berusaha tidak melewatkan makan pagi, B’timers. Semangkuk sup miso yang dinikmati dengan makanan pertama di awal hari dapat memberikan semangat ekstra, lho. Hmm, tak heran mereka selalu tampak penuh semangat, ya?

Sebab Wanita Jepang Tidak Bisa Gemuk, Apa Saja? | Breaktime
Cake manis? Wanita Jepang tetap makan, kok! Hanya dengan porsi kecil

Kurangi makanan penutup manis

Makanan penutup terutama yang manis bukanlah termasuk budaya Jepang. Tapi jangan salah, mereka tetap suka dessert, kok. Hanya saja dengan porsi kecil dan tidak terlalu sering. Selain itu wanita Jepang juga tidak terlalu terobsesi terhadap gula seperti orang Barat. Ya, seperti yang kita tahu, makanan manis dengan gula berlebihan adalah cara terbaik untuk menaikkan berat badan.

Aturan tata karma dalam makan

Wanita-wanita di Jepang dibesarkan dengan aturan dan tata krama yang ketat. Sebagai contoh, mereka tidak makan ataupun minum sambil berdiri apalagi berjalan. Dan meskipun mereka tidak terlalu pusing dengan program diet seperti kita, wanita Jepang tidak malas untuk bergerak. Salah satunya dengan menjadikan berjalan sebagai rutinitas sehari-hari. Ya, berjalan atau bersepeda, itu pilihan mereka!

Sebab Wanita Jepang Tidak Bisa Gemuk, Apa Saja? | Breaktime
Aturan saat makan harus diperhatikan

Wah, ternyata rahasia mereka tidaklah sesulit yang kita bayangkan selama ini, ya, B’timers? Nah, dengan 7 sebab wanita Jepang tidak bisa gemuk tadi, Anda tentu sudah bisa mulai menirunya hari ini, kan? (NO)

Share This Article