6 Tips Penting Seputar Fitness untuk Pemula | Breaktime
6 Tips Penting Seputar Fitness untuk Pemula
06.05.2016

Demi mencapai bentuk tubuh ideal, salah satu cara terbaik untuk dilakukan adalah mengikuti program fitness. Dalam latihan kebugaran ada beberapa jenis workout yang bagus dalam mengurangi lemak tak penting dan menambah massa otot. Namun fitness tidak bisa dilakukan dengan sembarangan lho, B’timers. Ada beberapa tips fitness untuk pemula yang perlu dilakukan saat mengikuti program fitness. Catat, ya!

Fokus pada tujuan

Kebanyakan orang mudah mengambil keputusan mulai nge-gym, namun juga mudah bosan hingga berhenti sama sekali. Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi pada Anda, tentukan sejak awal apa tujuan Anda untuk mulai fitness. Bagaimanapun, komitmen itu perlu. Daripada buang-buang uang membayar instruktur, lebih baik mantapkan niat dan tujuan terlebih dahulu.

Latihan setiap hari

Jika Anda adalah pemula, Anda harus melakukan olahraga dan berlatih setiap hari. Liz Neporent, seorang pelatih fitness New York mengatakan bahwa berlatih selama 7 hari dalam seminggu, meskipun itu latihan kecil dapat membantu meningkatkan konsistensi. Neporent merekomendasikan latihan kardio 30 menit setiap hari dan latihan kekuatan dua kali seminggu selama 2-3 bulan, atau sampai Anda merasa latihan telah menjadi bagian dari rutinitas harian.

6 Tips Penting Seputar Fitness untuk Pemula | Breaktime
Tingkatkan konsistensi dengan latihan setiap hari

Jangan ngoyo

Tips fitness untuk pemula selanjutnya adalah, meski Anda disarankan untuk berlatih setiap hari, bukan berarti Anda harus mengerahkan seluruh tenaga. Misalnya, mencengkeram pegangan sepeda dengan erat dan mengencangkan rahang akan membuat Anda mudah lelah karena energi ikut terbuang. Jadi, santai saja namun tetap bergerak dan pastikan Anda puas dengan latihan.

Jangan ‘terjebak’ di treadmill

Treadmill memang sering dipilih untuk mengawali latihan apalagi bagi pemula. Namun jangan biarkan Anda menghabiskan waktu latihan Anda dan kelelahan di atas treadmill saja. Pada kenyataannya, otot-otot Anda baru saja tumbuh dan terbiasa dengan tantangan. Pastikan untuk mencampur rutinitas Anda dengan memvariasikan waktu dan intensitas latihan.

6 Tips Penting Seputar Fitness untuk Pemula | Breaktime
Kardio bagus untuk membakar lemak

Membungkuk saat latihan

Postur tubuh mempengaruhi suasana hati serta kinerja Anda, B’timers. Nah, postur tubuh membungkuk saat latihan ternyata juga sangat penting. Membungkuk membuat Anda tetap bernapas dalam-dalam yang mana hal tersebut diperlukan untuk memberikan oksigen pada otot Anda perlu untuk bekerja dengan kapasitas penuh.

Perhatikan pernapasan

Untuk meningkatkan kinerja Anda, fokus pada pernapasan Anda. Tarik napas dalam-dalam dan membuang napas saat latihan adalah yang terbaik. Hirup dalam 3 hitungan dan hembuskan dalam 3 hitungan. Napas yang kuat dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak kekuatan, yang berarti Anda akan dapat melakukan lebih banyak pekerjaan.

Semoga tips fitness untuk pemula di atas berguna untuk Anda yang baru akan memulai latihan, ya! (nap)

Share This Article