Hal - Hal yang Harus Ditinggalkan Agar Diet Tidak Gagal | Breaktime
6 Alasan Mengapa Diet Selalu Gagal, Tinggalkan Sekarang Juga!
28.07.2015

Diet bukan sekedar mengurangi makan dan menambah olahraga untuk membakar lemak, lho. Jika B’timers memang serius ingin menurunkan berat badan, ada trik yang perlu dilakukan agar diet berhasil. Sebab, cara mengurangi makan yang “keliru” justru bisa bikin berat bertambah. Nah, agar diet berhasil, hindari kesalahan-kesalahan umum berikut yang biasa terjadi saat diet:

Makan terburu-buru

Anda bukan sedang mengikuti lomba makan dan mendapatkan hadiah jika selesai makan dengan cepat, bukan? Makan perlahan-lahan akan membuat Anda benar-benar menikmati makanan dan tahu saat perut sudah merasa kenyang sebelum terlanjur makan terlalu banyak.

Melewatkan sarapan

Tidak sarapan justru bikin kita makin gendut, lho! Mengapa? Saat kita tidak mengisi perut di pagi hari, kita cenderung akan mengonsumsi kalori berlebih di siang harinya. Selain itu, saat sarapan konsumsilah makanan yang kaya protein dan serat agar rasa kenyang bisa bertahan lama.

Terlalu banyak kalori cair

Tanpa disadari, minuman favorit Anda sebenarnya juga memiliki kandungan kalori yang tinggi! Smoothies, kopi dengan krim dan gula, jus yang diberi pemanis, serta teh dan soda sangat bisa menaikkan berat badan Anda. Sebaiknya kurangi itu dan perbanyak minum air putih.

Hati-hati dan perhatikan betul porsi makan Anda
Hati-hati dan perhatikan betul porsi makan Anda

Porsi yang berlebihan

Mungkin kita terbiasa memesan makanan di restoran yang memang disajikan dengan porsi besar. Saat di rumah, kita pun mengikuti porsi tersebut tanpa sadar, mengira itu porsi yang normal, padahal tidak! Trik untuk memperbaikinya adalah gunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, serta periksa porsi makan Anda dengan gelas ukuran.

Makanan yang dikira sehat

Tahukah Anda? Tak selamanya ayam panggang dan salad itu lebih sehat daripada burger! Pada dasarnya, semua tergantung pada porsi dan campuran bahan makanan itu sendiri. Jika porsi sayuran pada makanan lebih banyak, itu akan lebih sehat untuk dikonsumsi.

Makan tanpa “sadar”

“Eating amnesia” adalah kebiasaan ngemil yang dilakukan tanpa sadar sambil menonton televisi atau membaca buku. Ini pun bisa jadi sumber tumpukan lemak di tubuh. Saat sedang rileks, cobalah minum air putih atau mengunyah permen karet. Jika sangat ingin snack, keluarken sedikit saja dari kemasannya untuk dimakan.

Nah, mungkinkah B’timers masih sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas tanpa sadar? Tinggalkan sekarang juga dan usir lemak jauh-jauh!

Share This Article