5 Penyebab Keringat Berlebihan Harus Diwaspadai | Breaktime
5 Penyebab Keringat Berlebihan Ini Harus Diwaspadai
30.04.2016

Berkeringat memang menyehatkan karena itu pertanda bahwa tubuh merespon kondisi badan yang mungkin saat itu membutuhkan dinginnya air. Akan tetapi, hal ini menjadi buruk apabila keringat keluar secara tidak wajar. Salah satu contohnya adalah keringat berlebihan. Cukup banyak penyebab keringat berlebihan yang membuat orang yang mengalaminya menjadi rentan dehidrasi.

Bagi Anda yang belum tahu apa saja penyebab dari keringat berlebihan yang tentunya membahayakan kesehatan tubuh, berikut beberapa contohnya :

Pengaruh kondisi psikologis

Ya, pengaruh dari kondisi mental seseorang juga membuat tubuh bisa mengalami malfungsi. Apabila seseorang sedang stres, beberapa kelenjar keringat akan mulai mengeluarkan keringat cukup banyak. Salah satu kelenjar yang melakukan hal tersebut adalah di area sekitar ketiak.

Respon tubuh

Penyebab keringat berlebihan selanjutnya adalah respon alami tubuh. Keringat akan keluar ketika seseorang melakukan aktivitas yang melibatkan otot dan energi cukup besar. Keringat yang keluar adalah respon tubuh untuk mendinginkan otot agar tidak mengalami kram ketika melakukan aktivitasnya.

Gejala penyakit jantung

Salah satu tanda seseorang mengalami penyakit jantung adalah keringat keluar pada bagian tubuh tertentu secara berlebihan. Maksudnya adalah keringat tersebut keluar secara tidak wajar dan padahal saat itu seseorang tidak melakukan kegiatan berat. Jadi, apabila Anda mengalami hal tersebut segeralah berkonsultasi ke ahlinya.

5 Penyebab Keringat Berlebihan Harus Diwaspadai | Breaktime
Keringat berlebih bisa menandakan bahwa Anda sedang sakit B'timers.

Faktor keturunan

Apabila salah satu diantara Anda atau orang tua memiliki riwayat keringat berlebih, akan sangat besar kemungkinannya keturunan Anda juga memiliki hal tersebut. Hal ini disebabkan karena setiap keturunan akan mewarisi setidaknya beberapa karakteristik organ tubuh orang tuanya.

Kelebihan Tiroid

Hormon Tiroid pada tubuh juga bisa menyebabkan seseorang mengalami keringat berlebihan B'timers. Hormon ini akan membuat kelenjar keringat mengalami peningkatan produksi keringat yang jumlahnya berlebihan. Akibatnya seseorang meskipun tidak melakukan aktivitas berat akan mengalami keringat berlebih.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab keringat berlebihan pada seseorang. Apabila Anda sudah merasakan bahwa tubuh Anda mengalami keringat berlebihan dan terus berulang, cobalah untuk berkonsultasi dengan pakarnya agar Anda terhindar dari dampak yang lebih parah nantinya. (wsu)

Share This Article