5 Manfaat Mengejutkan dari Yoga yang Wajib Anda Tahu! | Breaktime
5 Manfaat Mengejutkan dari Yoga yang Wajib Anda Tahu!
02.05.2015

Yoga kini semakin populer dan sudah menjadi salah satu gaya hidup sehat yang banyak dianut masyarakat perkotaan. Ada begitu banyak manfaat yang didapat dari yoga, terutama untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh dan juga mengurangi stress. Tak hanya itu, rutin melakukan yoga bisa membantu membentuk tubuh yang ideal, bahkan ternyata yoga menyimpan manfaat rahasia yang pasti bikin B’timers tak mau melewatkan olahraga satu ini!

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah studi tahun 2013 di Norwegia menemukan bahwa yoga dapat mengubah gen dalam tubuh yang bisa meningkatkan sistem imunitas. Bahkan, perubahan gen itu mulai terjadi saat Anda tengah melakukan yoga!

Mengatasi migrain

Terlalu lama duduk membungkuk di depan komputer juga menjadi salah satu penyebab migraine. Ya, otot leher yang kaku akhirnya bisa berujung pada migrain. Sakit kepala sebelah ini dapat berangsur hilang dengan rutin melakukan yoga selama 3 bulan.

Meningkatkan seksualitas

Yoga dapat meningkatkan seksualitas, kepercayaan diri, serta kepuasan dalam berhubungan intim. Sebab, melakukan yoga bisa meningkatkan aliran darah menuju area genital, yang nantinya dapat menguatkan otot dasar panggul. Pernapasan dan mind control saat melakukan yoga juga memberikan efek yang positif.

Membuat tidur lebih nyenyak

Berdasarkan sebuah penelitian di Harvard tahun 2013, melakukan yoga setiap hari selama 8 minggu ternyata dapat memperbaiki kualitas tidur seorang  penderita insomnia. Sesi yoga dua kali seminggu dapat membantu seorang penderita kanker tidur lebih nyenyak dan mengurangi rasa lelah.

Yoga dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari
Yoga dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari

Mengurangi rasa lapar

Para peneliti Universitas Washington pada 2013 menemukan bahwa latihan yoga rutin rupanya terkait dengan mindful eating, kesadaran akan sensasi secara fisik dan emosional yang terkait dengan pola makan. Latihan pernapasan dalam yoga dapat mengurangi keinginan seseorang untuk terus makan.

Wah B’timers, apa lagi alasan untuk tak melakukan yoga?

Share This Article