5 Latihan Fitness yang Pas untuk Para Newbie | Breaktime
5 Latihan Fitness yang Pas untuk Para Newbie
23.08.2015

Fitness merupakan salah satu olahraga yang banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh jadi lebih ideal. Nah, buat B’timers yang masih baru di dunia fitness, Breaktime punya 5 gerakan yang cocok untuk Anda. Gerakan-gerakan ini mudah dilakukan bahkan tanpa bantuan instruktur, dan bisa memberikan hasil yang memuaskan:

Car Drive

Sesuaikan berat barbell dengan kekuatan
Sesuaikan berat barbell dengan kekuatan

Latihan satu ini hanya menggunakan barbell plate sebagai alat bantunya. B’timers cukup memegang barbell plate tersebut seperti sedang memegang setir mobil namun dalam posisi berdiri dan tubuh tegak. Putar plate ke kanan dan ke kiri secara berulang-ulang dengan hitungan 10-15 kali bergantian. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membentuk otot bahu.

Incline Push Up

Lakukan secara perlahan dan tidak tergesa-gesa
Lakukan secara perlahan dan tidak tergesa-gesa

Untuk melatih otot dada, Anda dapat melakukan latihan yang bernama incline push up. Gunakan bangku pendek sebagai tumpuan untuk melakukan push up.

Seated Dumbbell

Teknik ini mirip angkat barbell pada umumnya, tapi dilakukan dengan duduk
Teknik ini mirip angkat barbell pada umumnya, tapi dilakukan dengan duduk

Setelah bahu dan dada, lanjutkan dengan melatih otot-otot lengan agar terbentuk dan terlihat kekar. Caranya, ambil posisi duduk rileks di sebuah bangku. Kedua tanggan menggenggam dumbbell yang beratnya disesuaikan dengan kekuatan. Anda dapat menggerakkan pergelangan ke atas dan ke bawah beberapa kali dan menjaga agar bagian forearm tidak ikut terangkat.

Tricep Dumbbell

Di awal latihan, akan muncul rasa nyeri pada bagian lengan atas
Di awal latihan, akan muncul rasa nyeri pada bagian lengan atas

Dalam melatih otot tricep, Anda dapat menggenggam dumbbell di tangan kanan dan tubuh bertumpu pada bangku. Gerakkan tangan yang memegang dumbbell ke atas dan ke bawah secara perlahan dan diulang beberapa kali.

Cross Body Crunch

Gerakan dari teknik satu ini mirip sit up
Gerakan dari teknik satu ini mirip sit up

Latihan selanjutnya berlanjut pada pembentukan otot perut. Untuk latihan ini, Anda hanya perlu tidur terlentang dengan kaki ditekuk dan kedua tangan berada di kepala. Setelah itu, B’timers bisa mengangkat dan menggerakan tubuh serta lutut secara menyilang. Contohnya, jika lutut kanan diangkat ke arah dada, maka badan dan kepala diangkat dan digerakkan ke arah kiri. Begitu pula sebaliknya. Lakukan beberapa kali.

Walaupun terkesan sederhana, akan tetapi jika B’timers melakukannya dengan rutin, maka teknik-teknik fitnes di atas dapat membantu membentuk otot. Selamat mencoba!

Share This Article