5 Kesalahan Umum Gerakan Fitness Wajib Dihindari | Breaktime
5 Kesalahan Umum Gerakan Fitness Wajib Dihindari
03.03.2016

B’timers yang gemar mengunjungi gym setiap hari maupun yang hanya menjadikan gym sebagai kunjungan sesekali pasti tidak lepas dari kesalahan gerakan fitness.  Sesempurna apapun Anda mencoba, kesalahan kecil namun berakibat fatal ini mungkin sudah seringkali B’timers lakukan. Pelajari yuk kesalahan apa saja yang sering terjadi dan bagaimana cara memperbaiki seperti berikut ini.

Squat

Kesalahan pada gerakan squat adalah B’timers meletakkan posisi lutut terlalu jauh dan pantat yang mengambang saat posisi jongkok. Selain itu, posisi lutut yang menyatu ketika posisi jongkok juga jadi salah satu kesalahan gerakan pada squat.

Posisikan kaki selebar pinggang dan berdiri dengan normal. Rentangkan tangan ke depan untuk menyeimbangkan posisi Anda. Bawa pantat ke arah belakang sambil mengencangkan otot perut dan lakukan squat perlahan-lahan hingga menemukan posisi yang tepat.

5 Kesalahan Umum Gerakan Fitness Wajib Dihindari | Breaktime
Gunakan kedua tangan ke arah depan untuk menyeimbangkan posisi tubuh

Forward Lunge

Meskipun gerakannya hanya melangkahkan kaki ke depan, namun melangkahkan kaki tidak terlalu lebar justru merupakan kesalahan dalam lunges. Selain itu, memajukan posisi dada hingga mendekati lutut juga menjadi salah satu kesalahan fatal pada gerakan lunges.

Pastikan B’timers melangkah pasti dengan membentuk sudut lutut 90o setiap kali melangkah. Mulai dengan posisi tegak lurus dan tetap menjaga posisi punggung tetap tegak selama melakukan lunges. Menjaga posisi tetap stabil adalah kunci dari gerakan lunges yang benar.

Push-up

Biasanya kesalahan pada gerakan push-up karena tidak menekuk lengan sesuai dengan yang seharusnya dan membiarkan bagian pinggul menggelantung lemah. Gerakan push-up yang  benar harus berupaya agar punggung, pantat, hingga kaki membentuk satu garis lurus.

Mulai dengan posisi high plank dan kencangkan seluruh otot tubuh agar tubuh Anda mampu memberikan posisi push-up yang benar. Mulai tekuk lengan Anda dan turunkan dada perlahan. Fokuskan pada posisi tangan membentuk sudut 90o.

5 Kesalahan Umum Gerakan Fitness Wajib Dihindari | Breaktime
Pastikan punggung, pantat dan kaki berada dalam satu garis lurus

Dumbbell Overhead Press

Terlihat mudah namun ternyata banyak kesalahan yang terjadi dengan gerakan fitness satu ini. Salah satunya adalah membawa dumbbell ke arah depan bukan ke atas. Selain itu posisi punggung yang terlalu melengkung sehingga bagian pantat mencuat terlalu ke belakang adalah kesalahan yang sering dilakukan.

Pastikan Anda berdiri tegak sebelum memulai gerakan. Bawa dumbbell di masing-masing tangan Anda dan tumpukan pada bahu B’timers. Jaga lutut dan otot perut tetap berada dalam tempatnya selama Anda mengangkat dumbbell lurus ke atas kepala Anda.

Forearm Plank

Satu lagi gerakan fitness yang simpel namun sering terabaikan posisinya. B’timers mungkin secara tidak sadar mengangkat pantat hingga melebihi kepala saat melakukan plank. Posisi lengan yang tidak membentuk sudut 90o juga menjadi kesalahan yang sering terjadi saat plank.

Gunakan tangan dan kaki untuk menyokong seluruh tubuh B’timers dari atas lantai. Kencangkan seluruh otot tubuh Anda terutama perut dan letakkan posisi siku sejajar dengan bahu Anda. Pastikan punggung dan lutut membentuk satu garis lurus dan biarkan posisi tersebut selama 20-30 detik atau lebih.

5 Kesalahan Umum Gerakan Fitness Wajib Dihindari | Breaktime
Bentuk sudut 90 derajat dengan siku Anda selama plank

Sudah tahu kan kesalahan apa saja yang sering dilakukan pada gerakan fitness rutin B’timers? Jangan sampai kesalahan tersebut terulang agar khasiat gerakan fitness akan lebih terasa maksimal pada tubuh Anda. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article