5 Gerakan Yoga yang Cocok Untuk Lansia | Breaktime
5 Gerakan Yoga yang Cocok Untuk Lansia
27.04.2015

Tentunya, baik muda atau juga tua, olahraga adalah suatu hal yang sangat penting dan harus dilakukan secara rutin untuk melatih otot-otot tubuh agar tidak kaku dan tetap bugar. Salah satu cara untuk melatih dan melenturkan otot-otot tubuh serta pernafasan adalah dengan berlatih yoga.

Apabila yang melakukan yoga adalah para muda, mungkin tidak akan banyak kendala atau masalah karena selain kondisi fisiknya masih bagus, otot dan tulang-tulang mereka juga masih dalam keadaan yang prima. Lantas bagaimana apabila ada orang lanjut usia atau manula yang ingin melakukan yoga?

Walaupun memiliki gerakan-gerakan yang sangat rumit dan terkadang memunculkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh, namun tua dan muda tetap dapat melakukan gerakan yoga. Khususnya untuk orang-orang lanjut usia, gerakan yoga yang harus dilakukan tentunya sedikit berbeda dengan yang dilakukan para muda.

Berikut ini adalah gerakan yoga yang dapat diterapkan dan dilakukan oleh para orang lanjut usia.

Sukhasana

5 Gerakan Yoga yang Cocok Untuk Lansia

Untuk melakukan sukhasana cukup mudah, karena posisi tubuh untuk gerakan yoga satu ini hanya seperti ketika seseorang melakukan meditasi dengan punggung yang lurus dan tegak. Fungsinya adalah untuk meluruskan kembali tulang punggung dan meningkatkan ketenangan dalam diri.

Bidalasana

5 Gerakan Yoga yang Cocok Untuk Lansia

Gerakan bidalasana dipercaya dapat membantu orang-orang yang menderita gangguan pada daerah punggung serta tulang belakang dan sekitarnya. Caranya adalah dengan membungkuk dan menekan punggung ke atas secara perlahan dan mengembalikannya dalam posisi normal, disertai dengan pengaturan napas.

Adho Mukha Svanasana

5 Gerakan Yoga yang Cocok Untuk Lansia

Bagi para lansia yang ingin melatih dan meningkatkan flesibilitas tulang belakang , gerakan yoga adho mukha svasana ini sangat bermanfaat. Sayangnya, gerakan ini tidak dianjurkan bagi siapa saja yang menderita gangguang punggung dan tulang belakang sebelumnya.

Kapalbhati Pranayama

5 Gerakan Yoga yang Cocok Untuk Lansia

Mirip seperti posisi gerakan sukhasana, gerakan yoga kapalbhati pranayama juga dilakukan dengan cara duduk bersila dan kedua tangan berada di antara lutut dan orang yang melakukan gerakan ini dapat mengatur pergerakan napas. Gerakan ini berfungsi untuk membersihkan udara yang mengalir dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan darah.

Salabhasana

5 Gerakan Yoga yang Cocok Untuk Lansia

Mirip dengan gerakan planking, pose yoga salabhasana ini adalah dengan tidur telentang dan menarik tangan kepala kaki sejauh mungkin. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk meningkatkan kekuatan daerah perut, lengan dan kaki.

Selain fungsi dan manfaat setiap gerakan seperti dijelaskan di atas, banyak sekali kegunaan dari yoga untuk kesehatan tubuh dan juga kelenturan setiap otot. Jadi selain melakukan yoga, olahraga yang lain juga patut dilakukan agar menjaga kondisi fisik tetap prima.

Share This Article