5 Gerakan Olahraga yang Wajib Bisa, Apa Saja? | Breaktime
5 Gerakan Olahraga yang Wajib Anda Bisa, Apa Saja?
06.03.2016

B’timers, Anda tentu setuju bukan, bahwa olahraga adalah hal yang wajib dilakukan dalam hidup? Benar, jika Anda ingin hidup dengan sehat, Anda harus melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam satu minggu. Nah, untuk itu, ada 5 gerakan olahraga wajib bisa yang harus Anda kuasai. Dengan gerakan ini, Anda tidak hanya sehat, namun juga akan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Squat

5 Gerakan Olahraga yang Wajib Bisa, Apa Saja? | Breaktime
Contoh gerakan squat

Squat atau yang juga dikenal dengan nama squat jump adalah pola gerakan di mana Anda berdiri dengan kaki terbuka di tanah, lalu menekuk kaki untuk menurunkan tubuh ke bawah sambil menjaga dada dan punggung tetap lurus. Squat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan otot kaki dan punggung serta membakar kalori berlebih pada tubuh.

Lunge

5 Gerakan Olahraga yang Wajib Bisa, Apa Saja? | Breaktime
Contoh gerakan lunge

Lunge adalah salah satu dari 5 gerakan olahraga wajib bisa. Latihan kaki ini membutuhkan satu kaki untuk melangkah maju dan ditekuk sementara kaki lainnya tetap diam. Latihan ini bisa menggunakan beberapa alat bantu seperti tombak, dumbble, barbel atau sambil melemparkan bola ke dinding. Latihan ini bermanfaat untuk menguatkan dan merelaksasi otot kaki yang juga dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas.

Push

5 Gerakan Olahraga yang Wajib Bisa, Apa Saja? | Breaktime
Contoh gerakan push

Gerakan push membutuhkan kekuatan untuk mendorong berat badan eksternal dari tubuh Anda. Salah satu contoh gerakan push yang paling banyak digunakan adalah push up. Push up menggunakan kekuatan tangan dan kaki untuk mendorong atau mengangkat beban tubuh dari tanah. Latihan ini bermanfaat untuk menguatkan otot lengan sekaligus mengencangkan otot perut.

Pull

5 Gerakan Olahraga yang Wajib Bisa, Apa Saja? | Breaktime
Contoh gerakan pull

Ini adalah kebalikan dari gerakan push. Gerakan pull atau menarik ini menggunakan kekuatan tubuh untuk menarik beban internal tubuh. Salah satu gerakan menarik yang sering dilakukan adalah pull up. Gerakan ini dibagi menjadi beberapa tipe seperti horizontal pull, vertical pull dan lainnya yang bermanfaat untuk menambah kekuatan punggung dan bahu serta membakar kalori tentunya.

Twist

5 Gerakan Olahraga yang Wajib Bisa, Apa Saja? | Breaktime
Contoh gerakan twist

Twist adalah olahraga yang paling banyak membutuhkan gerakan dibanding 4 gerakan olahraga sebelumnya. Twist setidaknya memerlukan 3 gerakan yang melibatkan rotasi. Ada dua jenis utama dalam gerakan twist yaitu rational dan anti-rational. Gerakan ini bermanfaat untuk membentuk fleksibilitas serta mengencangkan otot-otot tubuh.

Nah, itu tadi 5 gerakan olahraga wajib bisa yang harus Anda kuasai untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal. Selamat mencoba! (nap)

Share This Article