5 Cara Cepat untuk Menambah Asupan Kalsium | Breaktime
5 Cara Cepat untuk Menambah Asupan Kalsium, Apa Saja?
13.01.2016

Kalsium berperan sangat penting bagi tubuh. Sekitar 99% kalsium dalam tubuh diserap oleh gigi dan tulang, B’timers, sedangkan sisanya untuk sistem saraf dan otot. Tidak terbayang bukan, bagaimana tubuh kita jika taka da asupan kalsium. Tetapi, tak perlu khawatir kekurangan kalsium asalkan B’timers rutin mengonsumsi 5 makanan seperti berikut ini:

  • Daging ikan

5 Cara Cepat untuk Menambah Asupan Kalsium | Breaktime
Sarden kalengan bisa jadi opsi yang mudah

selain memiliki tingkat protein yang tinggi juga memiki kadar kalsium, lho. Kalsium dalam ikan bisa didapat dari memakan tulangnya. B’timers bisa mengonsumsi ikan sarden dalam kaleng, ikan teri, ikan bandeng, atau jenis ikan lain yang bisa dimakan tulangnya sekaligus. Dalam 100 gram sarden terdapat sekitar 430 mg kalsium di dalamnya.

  • Buah kering

5 Cara Cepat untuk Menambah Asupan Kalsium | Breaktime
Bawa selalu untuk camilan

Buah-buahan yang dikeringkan kaya akan kalsium, terutama buah ara. Dalam 100 gram buah ara kering mengandung 250 mg kalsium. B’timers juga bisa mengonsumsi biji wijen karena dalam 100 gram wijen mengandung 680 mg kalsium. Bisa untuk camilan sekaligus menguatkan tulang, bukan?

  • Serba hijau

5 Cara Cepat untuk Menambah Asupan Kalsium | Breaktime
Jus serba hijau jadi teman berolahraga

Buah dan sayur hijau seperti bayam tidak hanya kaya kalsium, tetapi juga tinggi akan oksalat yang mampu menghalangi penyerapan kalsium dalam tubuh. Maka dari itu, pilihlah sayuran dengan kadar oksalat rendah seperti selada air, brokoli, kacang hijau, kubis dan seledri.

  • Tumis tahu

5 Cara Cepat untuk Menambah Asupan Kalsium | Breaktime
Mudah dan terjangkau untuk dimasak

Pasti B’timers sering sekali mamasak makanan satu ini. Tumis tahu tidak hanya mudah dibuat tetapi juga tergolong berkalsium tinggi. Tahu sebagai bahan utama merupakan sumber dari kalsium dan juga protein. Dalam 100 gram kedelai setara dengan 510 mg kalsium.

  • Susu

5 Cara Cepat untuk Menambah Asupan Kalsium | Breaktime
Awali hari dengan susu hangat dan biskuit

B’timers tidak bisa melupakan susu sebagai pemberi asupan  kalsium terbaik. Anda bisa mengonsumsi susu kedelai ataupun susu sapi untuk memulai hari. Roti kacang kedelai juga bisa jadi pendamping yang pas untuk sarapan pagi hari Anda.

Sebagai orang dewasa, B’timers membutuhkan setidaknya 700 mg kalsium setiap hari. Anda tidak perlu khawatir karena yang terpenting kebutuhan kalsium mingguan Anda dapat cukup terpenuhi. Tidak hanya kalsium, namun Anda juga membutuhkan vitamin D yang bekerja menyerap kalsium dalam tubuh. Paparan sinar matahari juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik, setidaknya berjemurlah satu jam sehari, serta mengonsumsi daging ikan seminggu sekali. (ft)

Share This Article