Alasan Tersembunyi Kebiasaan Ngemil Sulit Hilang | Breaktime
5 Alasan Tersembunyi Kebiasaan Ngemil Sulit Hilang
22.03.2016
“Treating yourself well doesn’t always mean “treating yourself”” –Anonymous

Apa sajian yang paling membuat Anda merasa nyaman, B’timers? Kentang goreng, es krim, keripik, atau biskuit cokelat chips dengan susu hangat? Terkadang kita tidak sadar telah makan berlebihan saat menghadiri undangan sebuah acara atau sekedar makan malam di rumah kerabat, belum lagi jika ditambah camilan. Hmm, sebenarnya apa, sih, alasan kebiasaan ngemil sulit hilang, B’timers.

Ingin mendapatkan kenyamanan

Ngemil adalah salah satu cara yang dapat menghibur diri kita, B’timers. Saat sedang sedih atau marah, camilan dapat membantu mengurangi perasaan negatif dan membendung kesedihan yang kita rasakan. Alasannya, adalah karena dengan ngemil, tubuh menghasilkan hormon bahagia. Dengan demikian kita akhirnya mampu mengalihkan pikiran.

Alasan Tersembunyi Kebiasaan Ngemil Sulit Hilang | Breaktime
Ngemil bisa mengurangi emosi negatif, lho

Melewatkan waktu makan

Anda mungkin menganggap dengan menghindari sarapan, berat tubuh akan turun. Selain itu, Anda pun tidak merasa terlalu lapar di pagi hari. Padahal, kondisi perut yang kosong mengakibatkan tidak stabilnya kadar gula darah. Dan hal itulah yang menyebabkan timbulnya keinginan untuk meraih makanan tidak sehat, seperti donat atau muffin.

Enggan mendengarkan tubuh

Alasan kebiasaan ngemil sulit hilang selanjutnya adalah banyak dari kita yang enggan memahami apa yang dikatakan oleh tubuh. Coba perhatikan, ketika duduk di depan TV setelah makan malam dan toples keripik manis tersedia di hadapan, tanpa sadar Anda bisa melahap isinya hingga tandas, bahkan ketika perut sebenarnya sudah merasa kenyang, B’timers.

Alasan Tersembunyi Kebiasaan Ngemil Sulit Hilang | Breaktime
Alasan ngemil bisa hanya karena “we just want it”

Tidak segera mendapatkan hasil

Bagi wanita, khususnya, berat badan adalah masalah terbesar. Dan saat berat ideal tidak segera terwujud, tak jarang kita merasa patah semangat, ya, B’timers? Padahal diet juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, lho. Karena merawat tubuh adalah proses yang berkelanjutan. Jadi jika berat badan Anda tidak segera turun, jangan jadikan itu alasan untuk kembali ngemil, ya?

Malas mensyukuri keadaan

Alasan yang satu ini mungkin terdengar cukup klise, ya? Tapi meluangkan waktu sejenak untuk mensyukuri apa yang Anda miliki setiap hari dapat mengubah pikiran menjadi lebih positif, B’timers. Dengan meningkatkan rasa optimisme, kita tidak akan memiliki alasan untuk tidak menghentikan kebiasaan ngemil ini, bukan?

Well, alasan kebiasaan ngemil sulit hilang sebenarnya karena Anda sudah terlalu lama memanjakan kebiasaan tersebut, B’timers. Cobalah sesekali untuk berlaku sedikit keras pada diri sendiri jika ingin menghentikan kebiasaan itu. (NO)

Share This Article