4 Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes | Breaktime
4 Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes
24.06.2015

Ramadan memang merupakan momen yang paling banyak dinanti, tak terkecuali oleh penderita diabetes. Sejumlah pasien diabetes tetap antusias untuk menjalani ibadah puasa ini dan bukan hal mustahil bila mereka mampu melakukannya dengan baik melalui sejumlah tips berpuasa berikut ini:

Cek gula darah

Kenali kadar gula darah Anda dengan baik
Kenali kadar gula darah Anda dengan baik

Prof. Dr. dr. Sri Hartini KS, Kariadi, SpPD-KEMD menuturkan bahwa penderita diabetes yang memiliki kadar gula kurang dari 180 mg/dl cenderung aman untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun, bila kadar gula darah lebih dari 180 mg/dl kondisi ini jadi tak aman untuk berpuasa sebab urin mengandung banyak gula yang membuat penderita mudah buang air kecil. Efeknya, tubuh akan mengalami dehidrasi dan menjadi lemah tak berdaya.

Atur kalori

Porsi kalori yang harus diasup oleh penderita diabetes yang merupakan karobohidrat kompleks juga perlu diperhatikan. Saat berbuka puasa, setidaknya pasien diabetes butuh sekitar 50% dari jumlah total kalori, kemudian 10% setelah selesai tarawih, dan 40% saat sahur.
Namun, jangan lupa untuk memilih menu berkalori yang mengandung indeks glikemiks rendah agar gula darah tak mudah melonjak tajam, ya!

Terapi insulin

Bagi penderita diabetes yang sedang menjalani terapi insulin, insulin kerja campuran (Premix) dapat diberikan pada saat berbuka, malam hari dan saat sahur.

Perbanyak serat

Seimbangkan menu makanan Anda dengan adanya porsi serat yang cukup pada menu sahur dan berbuka dengan konsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung gula alami sehingga mampu untuk mengembalikan energi tubuh secara bertahap.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat B’timers lakukan agar tetap aman berpuasa sekalipun Anda memiliki penyakit diabetes. Namun, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk berpuasa, ya!

Share This Article