4 Tanaman Herbal Underrated yang Punya Sejuta Khasiat | Breaktime
4 Tanaman Herbal Underrated yang Punya Sejuta Khasiat
09.06.2015

Ada perkataan yang menyebutkan sakit itu mahal harganya. Sepertinya itu benar ya, B’timers? Saat sehat, terkadang kita lalai untuk menjaga kondisi tubuh dengan baik hingga akhirnya terserang penyakit. Waktu sakit, biaya periksa ke dokter sampai membeli obat-obatan di apotek tentu tidak sedikit.

Nah, kalau bicara tentang obat, berbagai macam obat yang tersedia di apotek tentu menjadi andalan untuk menyembuhkan penyakit. Selain dikemas dengan baik dan rapi, tertera juga fungsi dan bahan-bahan obat dengan jelas pada kemasan. Namun, tahukah Anda bahwa sejumlah tanaman berfungsi sebagai obat herbal alami yang tak kalah manjur dengan obat berbahan kimia? Apa saja?

Jahe

Ampuh atasi mual
Ampuh atasi mual

Rempah-rempah yang satu ini tak hanya menjadi bumbu masak yang sedap dengan aroma khasnya, namun juga merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat. Jahe mengandung zat antibakteri, antiviral, antioksidan dan antiparasit. Selain itu, jahe juga dikenal ampuh untuk obat mual, nyeri otot, nyeri menstruasi, serta sakit kepala.

Bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan antibakteri
Bawang putih kaya akan kandungan antibakteri

Mengonsumsi satu atau dua siung bawang putih sehari bisa memperisai Anda! Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan, mengandung komponen antibakteri, antiviral dan anti-fungal. Kandungan sulfurnya berfungsi mengurangi peradangan, menyehatkan kardiovaskular, sekaligus menjadi obat untuk 14 jenis sel kanker termasuk kanker otak, paru-paru, payudara, lambung dan pankreas.

Peppermint

Berkhasiat untuk sistem pernapasan
Berkhasiat untuk sistem pernapasan

Peppermint berfungsi untuk sistem pernapasan, seperti mencegah dan mengobati batuk, pilek, asma, alergi dan TBC. Selain itu, juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Peppermint juga dapat menenangkan otot usus, mempermudah sirkulasi gas di perut dan mengendurkan otot perut. Minyak esensial peppermint ideal untuk jadi obat gosok.

Lavender

Lavender, cocok untuk relaksasi
Lavender, cocok untuk relaksasi

Minyak lavender kaya kandungan bunga ester dengan aroma khas yang menenangkan dan menstimulasi. Dikenal sebagai aromaterapi yang disukai, minyak lavender juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan pegal, mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim dan keriput, menyehatkan rambut, memperbaiki sistem pencernaan, melegakan sistem pernapasan, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Selain lebih bersahabat dengan alam, menggunakan obat-obatan herbal yang sangat alami juga lebih sehat dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jadi, tak ada ruginya menggunakan tanaman herbal untuk obat, B’timers.

Share This Article