Olahraga yang Akan Jaga Kesehatan Kardiovaskular | Breaktime
4 Olahraga yang Akan Jaga Kesehatan Kardiovaskular
08.11.2015

Seperti yang B'timers tau, kardiovaskular adalah sebuah sistem perdedaran darah yang terdiri dari darah, jantung, dan pembuluh darah. Jantung adalah salah satu organ terpenting di tubuh selain otak. Kesehatannya perlu dijaga dan tentunya harus ternutrisi dengan baik. Selain menjaga dan merawatnya melalui asupan gizi sehat setiap hari, olahraga adalah jawabannya.

Kebanyakan dokter menganjurkan lari pagi untuk menjaga kesahatan jantung agar ototnya tetap sehat. Sebenarnya masih ada banyak jenis olahraga yang baik untuk sistem kardiovaskuler ini. Berikut beberapa contohnya :

1. Berenang

Olahraga yang menggerakkan hampir semua otot tubuh ini sangat menyehatkan B'timers. Hampir semua otot pada tubuh bergerak akibatnya peredaran darah menjadi lancar. Olahraga ini memperbaiki sistem kerja otot yang semula hanya digunakan secara pasif dan juga menghilangkan tumpukan lemak yang menghambat peredaran darah.

2. Bersepeda

Siapa yang tidak mengenal olahraga ini? Olahraga yang sangat menyenangkan karena bisa dilakukan bersama orang banyak ini juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Prinsipnya hampir sama seperti lari hanya saja bersepeda membutuhkan energi ekstra. Efeknya sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah di seluruh tubuh khususnya pada kaki.

Olahraga yang Akan Jaga Kesehatan Kardiovaskular | Breaktime
Sehat tidaknya tubuh tergantung pada usaha Anda

3. Aerobic

Aerobic adalah sebuah olahraga yang mampu memberikan sensasi tenang pada otot bagian kaki tangan, dan area kardiovaskular. Gunanya adalah memperlancar aliran darah serta menjaga jantung agar tetap stabil. Selain itu aerobic juga menjaga jantung dari beberapa penyakit seperti seperti kolesterol tinggi dan serangan jantung.

4. Lompat tali

Olahraga yang melibatkan otot paha dan lengan ini ternyata juga mendatangkan efek yang menyehatkan untuk kardiovaskular. Efek yang didapat dari lompat tali adalah memperlancar sirkulasi darah serta merangsang tubuh untuk menambah tinggi badan. Lakukan setiap pagi maka Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna untuk kesehatan jantung Anda.

Itulah beberapa latihan khusus yang baik untuk kesehatan jantung. B'timers tertarik mencoba salah satunya? (wsu)

Share This Article