4 Olahraga Ini Bisa Bantu Atasi Sakit Punggung | Breaktime
4 Olahraga Ini Bisa Bantu Atasi Sakit Punggung
02.05.2016

Sakit punggung bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk duduk berjam-jam di depan komputer setiap hari. B’timers juga merasakan sakit punggung yang mengganggu? Well, sebenarnya sekali lagi, cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan lebih banyak bergerak. Nah, untuk mencegah serta meredakan sakit punggung, empat olahraga ini bisa jadi solusi buat Anda:

Peregangan

Meregangkan otot sama efektifnya dengan melakukan yoga untuk mengatasi sakit punggung. Apapun gerakan peregangan yang Anda lakukan, itu bisa membantu meningkatkan kelenturan dan mengurangi risiko serta gejala sakit punggung.

4 Olahraga Ini Bisa Bantu Atasi Sakit Punggung | Breaktime
Peregangan bisa dilakukan di rumah ataupun kantor

B’timers bisa mencoba gerakan half lunge. Berdiri dengan kaki teregang, kaki kiri di bagian depan. Tekuk kaki kiri di bagian depan tersebut hingga mencapai 90 derajat, lalu rendahkan lutut kaki kanan hingga hampir menyentuh lantai. Tahan selama 20-30 detik. Lakukan pada bagian berlawanan.

Yoga

Telah banyak studi yang membuktikan yoga membuat tubuh lebih kuat, serta lebih bebas bergerak dibandingkan jika hanya menggunakan obat pereda sakit punggung. Itu karena yoga memadukan kekuatan dan keseimbangan, yang berefek positif pada otot, sekaligus meredakan stres dengan mengendurkan otot yang tegang.

4 Olahraga Ini Bisa Bantu Atasi Sakit Punggung | Breaktime
Yoga terbukti ampuh atasi sakit pada punggung

Silahkan mencoba child’s pose yoga yang meregangkan punggung sekaligus membuat rileks. Duduk dan alasi pantat Anda dengan tumit, tekuk dan lebarkan jarak kedua lutut selebar pinggul. Tarik napas dan turunkan tubuh bagian atas hingga mencapai bagian antara dua paha. Gerakkan tangan lurus ke depan. Tahan selama 30-60 detik.

Latihan kekuatan

Gerakan olahraga lawas pun bisa jadi andalan dalam meredakan sakit punggung, lho, khususnya yang bertujuan memperkuat tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Dijamin otot B’timers jadi lebih lentur, kuat dan siap untuk melakukan berbagai gerakan ringan maupun berat. 

4 Olahraga Ini Bisa Bantu Atasi Sakit Punggung | Breaktime
Melatih kekuatan sekaligus kelenturan tubuh

Anda pun dapat mencoba gerakan body squat, yang menguatkan tubuh bagian tengah. Berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar panggul. Tekuk lutut, turunkan badan dengan posisi seperti akan duduk di kursi, angkat kedua tangan ke depan. Tahan dalam 1 hitungan, barulah mulai. Ulangi gerakan ini 10-15 kali.

Pilates

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Kanada, pasien sakit punggung yang melakukan gerakan Pilates selama 4,5 jam per minggu mengalami pengurangan rasa sakit di punggung, setelah melakukan program ini selama 1 tahun. Selain obat dokter, gerakan Pilates berfungsi ampuh menguatkan inti otot, mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kelenturan tubuh.

4 Olahraga Ini Bisa Bantu Atasi Sakit Punggung | Breaktime
Sahabat yoga yang juga sama ampuhnya untuk menyehatkan tubuh

Sudah pernah coba gerakan pelvic tilt? B’timers bisa mengawali dengan berbaring di lantai atau matras, lutut menekuk, biarkan pantat dan tulang belakang lurus di atas lantai. Tahan selama beberapa detik, lalu tarik napas dan kembali ke posisi normal. Ulangi 5-10 kali.

Nah, keempat gerakan tadi sangat mudah dilakukan, bukan? Kerennya lagi, Anda tak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk mengobati sakit punggung yang mengganggu. B’timers juga bisa melakukannya kapanpun sempat, baik di rumah maupun di kantor. Do the exercise and say goodbye to back pain. (md)

Share This Article