4 Langkah di Dapur Ini Dukung Misi Go Green Dunia | Breaktime
4 Langkah di Dapur Ini Dukung Misi Go Green Dunia
22.04.2015

Bicara soal diet dengan “memangkas” asupan kalori  dalam jumlah semaksimal bukan lagi hal baru dalam kamus gaya hidup sehat. Namun, bagaimana dengan gaya “memangkas” emisi zat karbon yang bisa bikin kualitas udara lingkungan jadi lebih baik? 

Yap, selain konsumsi makanan bernutrisi lengkap, ternyata aktivitas dapur yang mengurangi adanya emisi zat karbon dalam udara juga akan berperan positif pada kesehatan B’timers jangka panjang. Nah, berikut aktivitas go green sederhana yang bisa Anda lakukan saat beraktivitas di dapur: 

Jangan panaskan oven

Panaskan oven saat akan makanan mulai dimasukkan
Panaskan oven saat akan makanan mulai dimasukkan

Bila Anda gemar membuat menu panggangan seperti roti dan sejenisnya, do you know that there is no need to warm up your oven? Tak hanya roti, kapanpun ketika Anda mengolah bahan makanan seperti daging atau lasagna, jangan lagi memanaskan oven sebelum  memasukkan bahan makanan ke dalamnya. Kegiatan sederhana ini akan bantu untuk mengurangi pemanasan suhu udara di lingkungan.

Hindari hypercooking

Say goodbye to hypercooking!
Say goodbye to hypercooking!

Kebiasaan hypercooking alias memanaskan makanan terlalu lama pada saat memasak atau membuat kue juga harus Anda tinggalkan. Tak hanya membuat kandungan nutrisi makanan jadi berkurang dan cita rasanya berubah, kebiasaan ini juga dapat memperparah pemanasan global.

Gunakan bungkus alami

Bungkus alami lebih mudah diuraikan
Bungkus alami lebih mudah diuraikan

Menggunakan bungkus alami untuk sejumlah makanan tak hanya bisa memperkuat cita rasa yang ada di dalamnya, tapi juga mempermudah proses penguraian sampah sekaligus meningkatkan kesuburan tanah pada waktu yang sama. Sebagai contoh, alih-alih menggunakan kertas minyak, Anda bisa memilih untuk menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan.

Pilih makanan alami

Baik bagi kesehatan dan kesuburan tanah
Baik bagi kesehatan dan kesuburan tanah

Selain mengandung nutrisi lebih lengkap dan sehat bagi tubuh, makanan alami yang terbebas dari kemasan kalengan ataupun plastik juga akan langkah go green jadi lebih mudah untuk diwujudkan. Oleh karena itu, biasakan untuk membeli buah dan sayuran segar yang hanya membutuhkan sedikit kantung plastik saat pembelian.

Apakah B’timers sudah siap melakukan gaya hidup sehat jangka panjang yang diwujudkan dengan aksi go green di dapur? Tak sulit untuk membuat perubahan besar pada kesehatan dunia bila Anda memulainya dari lokasi kecil di dalam hunian sendiri.

Share This Article