4 Gerakan Sederhana untuk Latih Otot Leher | Breaktime
4 Gerakan Sederhana untuk Latih Otot Leher
17.12.2015

Selama ini B’timers mungkin tidak menyadari kalau leher merupakan salah satu bagian penting dari tubuh yang juga bisa dilatih kekuatannya. Leher yang berfungsi sebagai penopang kepala akan lebih memberikan manfaat ke tubuh B’timers secara keseluruhan jika rajin dilatih. Latihan untuk menguatkan leher Anda tidaklah rumit dan tidak membutuhkan alat berat. Anda cukup melalui langkah-langkah mudah ini:

Step 1: Neck Protraction

Gerakan ini sebenarnya hampir mirip dengan sit-up, namun hanya bagian leher saja yang bergerak. Anda harus tidur terlentang dan merilekskan semua otot tubuh. Letakkan tangan di bagian dada. Dengan menarik nafas, angkat kepala Anda dengan posisi wajah semakin mendekati langit-langit. Tahan selama tiga detik , turunkan kepala bersamaan dengan hembusan nafas. Lakukan gerakan tersebut setidaknya 10 kali.

4 Gerakan Sederhana untuk Latih Otot Leher | Breaktime
Gerakan sederhana tapi hasilnya luar biasa

Step 2 : Neck Retraction

Gerakan ini merupakan kebalikan dari neck protraction. B’timers tidur telungkup di atas kursi panjang dengan kepala menggantung. Letakkan kedua tanggan sejajar dengan kepala.  Tarik napas, lalu angkat kepala Anda setinggi mungkin sambil menjaga dagu tetap menempel di leher . Tahan selama tiga detik, hembuskan sembari menurunkan kepala kembali ke posisi awal.  Ulangi hingga 10 kali.

4 Gerakan Sederhana untuk Latih Otot Leher | Breaktime
Gunakan tembok sebagai penopang bagi pemula

Step 3: Back up Exercise

Anda tengkurap dengan posisi kedua telapak tangan menempel lantai sejajar dengan dada. Sambil menarik napas perlahan, angkat kepala, dada, dan perut dengan topangan dari tangan Anda. Kalau memungkinkan, B’timers bisa terus mengangkat hingga tangan Anda lurus. Seperti gerakan sit up namun kaki menempel di tanah. Jangan lupa untuk menatap ke langit saat berada di atas. Turun perlahan sambil menghembuskan napas. Ulangi 10 kali.

Step 4 : Headstand

B’timers yang sudah ahli di yoga biasanya bisa melakukan ini tanpa bantuan. Bagi pemula bisa meminta bantuan rekan Anda untuk memegangi selama latian ini berlangsung atau menggunakan tembok sebagai sandaran. Posisi awalnya dengan meletakkan tangan lebih lebar daripada pundak Anda. Duduk jongkok lalu letakkan ubun-ubun dan tangan Anda di lantai. Tarik nafas lalu angkat kaki bersamaan hingga badan Anda lurus sempurna sebisa mungkin. Ujung kaki membentuk point seperti ballerina. Perlahan kembali ke posisi awal dengan menurunkan kaki terlebih dahulu. Ulangi tiga kali.

Lakukan latihan tersebut perlahan-lahan. Jangan sampai Anda terlalu cepat mengangkat kepala atau terlalu cepat menurunkan kepala. Hal ini bisa berakibat fatal karena Anda bisa mengalami cedera seperti keseleo. Keunggulan latihan ini tidak hanya memaksimalkan kesehatan otot leher, namun juga mempengaruhi sistem keseimbangan tubuh. (ft)

Share This Article