Gerakan Salah Kaprah Saat Anda Menjalani Fitness | Breaktime
4 Gerakan Salah Kaprah Saat Anda Menjalani Fitness
03.12.2015

Bagi B’timers yang baru saja mengikuti kelas fitness, mungkin Anda masih merasa canggung dengan pemakaian sejumlah alat fisik di tempat latihan, ya. Tapi, B’timers juga terlalu penasaran untuk tidak mencoba alat-alat tersebut dan membuat gerakan inovatif.

Namun, tahukah Anda ada sejumlah gerakan yang ternyata tak pernah dilakukan oleh personal trainer dan gerakan tersebut justru dianggap berbahaya? Nah, berikut gerakan yang seharusnya tak Anda lakukan saat berada di tempat fitness:

Menekan dinding di belakang kepala

Gerakan Salah Kaprah Saat Anda Menjalani Fitness | Breaktime
Berisiko mencedarai bahu dan leher

Bagian sekitar leher dan bahu merupakan area sensitif. Oleh karena itu, hindari berdiri membelakangi dinding kemudian menekan dinding di belakang kepala dengan tangan. Posisi ini dinilai tidak lazim dan sangat tak aman untuk dilakukan.

Sebaliknya, Anda bisa terlentang pada sebuah bangku panjang dengan posisi kedua kaki tetap menyentuh lantai. Di posisi ini, Anda bisa mengayunkan tangan untuk mengangkat barbel hingga beberapa kali untuk menguatkan otot bahu.

Selonjor pada seated leg machine

Gerakan Salah Kaprah Saat Anda Menjalani Fitness | Breaktime
Rawan mencederai lutut

Monica Hargrove, seorang personal trainer di Track and Field Star dan ACE Certified Personal Trainer Amerika Serikat sangat tidak menganjurkan Anda untuk selonjor pada seated leg machine. Sebab, posisi ini menjadikan tekanan pada persendian lutut begitu tinggi dan bisa mengakibatkan nyeri.

Single-Leg Plyo Box Jump

Gerakan Salah Kaprah Saat Anda Menjalani Fitness | Breaktime
Berisiko kehilangan keseimbangan dan jatuh dari balok

Basheerah Ahmad, seorang personal trainer dan pelatih lifestyle menuturkan bahwa single-leg plyo box jump termasuk gerakan yang sia-sia dilakukan. Gerakan ini dilakukan dengan cara melompat dengan satu kaki dan menumpukannya pada kotak balok, lalu menurunkannya, dan mengulangi gerakan yang sama beberapa kali.

Menurut Basheerah gerakan ini sebenarnya tidak perlu dan justru berisiko kecelakaan. Ketika satu kaki yang dijadikan tumpuan tidak bisa seimbang menahan berat badan, maka seketika Anda bisa terjatuh dari balok yanga mengakibatkan luka di sejumlah persendian.

The Tricep “Bench” Dip

Gerakan Salah Kaprah Saat Anda Menjalani Fitness | Breaktime
Berisiko mencederai bahu dan leher

Gerakan ini dilakukan dengan cara menumpukan kedua tangan pada sebuah bangku atau kursi di belakang Anda. Selanjutnya, kaki akan diselonjorkan dan perlahan-lahan tubuh diangkat dengan tumpuan kedua tangan, lalu kembali diturunkan tanpa pantat menyentuh lantai.

Namun, menurut Dr. Josh Sandell, seorang pakar ortologi di Minnesota menuturkan bahwa gerakan ini berisiko mencederai bahu. Bahkan, bagi mereka yang memiliki postur kepala yang membungkuk ke depan, gerakan ini justru terasa makin menyakitkan.

Adakah dari tiga gerakan tersebut yang diam-diam sudah B’timers lakukan? Jika ya, mulai sekarang ganti kebiasaan tersebut dengan gerakan yang lebih aman dan punya hasil signifikan pada pembentukan otot Anda, ya. (vsc)

Share This Article