Penderita Tiroid? Ini Makanan Diet yang Tepat | BREAKTIME
4 Best Diet Food untuk Penderita Tiroid
12.02.2015

Menderita penyakit tiroid menyebabkan metabolisme melambat karena kelenjar pituitari tidak bisa bekerja secara maksimal. Hal ini meningkatkan risiko kenaikan berat badan, gampang lelah, kolesterol tinggi, dan kram otot. Untuk menghindari hal tersebut, tentu saja B’timers harus mengatur pola makan dengan baik agar tidak tidak meningkatkan risiko obesitas.

Lantas, makanan apa saja yang bisa dipilih untuk penderita tiroid? Simak informasi lengkapnya dari Breaktime berikut ini:

Kaya Yodium

4 Best Diet Food untuk Penderita Tiroid

Menjaga agar kelenjar tiroid tetap sehat menjadi tujuan utamanya. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung yodium. Yodium ini akan membantu kelenjar tiroid untuk mengahasilkan hormon tiroksin lebih banyak. Makanan yang banyak mengandung yodium antara lain rumput laut, seafood, minyak ikan, keju, yogurt, es krim, garam beryodium, dan nanas.

Kaya Selenium

4 Best Diet Food untuk Penderita Tiroid

Peranan selenium sangat penting untuk tubuh karena membantu menjaga hormon yang diproduksi kelenjar tiroid agar tetap seimbang. Sumber selenium yang baik banyak terdapat pada gandum, kerang, telur, jamur, bawang putih, dan wijen.

Kaya Zat Besi

4 Best Diet Food untuk Penderita Tiroid

Zat besi membantu menyokong energi agar kelenjar tiroid dapat berfungsi dengan baik. Tak hanya itu saja, zat besi juga membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga dapat mengedarkan sari makanan dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan zat besi tak hanya akan memperlambat metabolisme tubuh tetapi bisa menyebabkan gejala anemia. Bahan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah tiram, kerang, kacang mete, daging merah, almond, dan sayuran hijau.

Asam Lemak Esensial

4 Best Diet Food untuk Penderita Tiroid

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 membantu kelenjar tiroid dalam menjaga metabolisme tubuh. Zat besi banyak terdapat pada seafood, sayuran hijau, biji rami, dan labu.

Menjaga fungsi kelenjar tiroid memang sangat penting agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Tetap semangat ya, B’timers!

Share This Article