4 Asupan Penting Pulihkan Kondisi Setelah Sakit | Breaktime
4 Asupan Penting untuk Pulihkan Kondisi Setelah Sakit
24.11.2015

Sakit akan membuat nafsu makan Anda menurun drastis, tidak heran badan akan menjadi kurus setelahnya. Ketika Anda mulai sembuh, secara perlahan nafsu makan yang tadinya menghilang akan kembali. Memilih makanan yang baik dan bernutrisi tinggi setelah sakit adalah pilihan yang sangat cerdas untuk dilakukan. Berikut nutrisi yang bisa Anda asup agar segera pulih setelah sakit:

Buah dan sayuran

4 Asupan Penting Pulihkan Kondisi Setelah Sakit | Breaktime
Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang tinggi, bagus untuk tubuh setelah sakit

Pastikan Anda mengosumsi banyak buah dan sayur setelah sembuh dari sakit. Bahan-bahan makanan tersebut mengandung antioksidan yang penting dan bisa untuk meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan dapatkan kesehatan yang lebih cepat dan sistem kerja tubuh kembali normal. Pilihlah buah-buahan seperti halnya kismis, blueberi, dan juga buah plum yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sedangkan untuk sayurannya, Anda bisa memilih bayam, brussels sprout, dan juga daun kale.

Protein 

4 Asupan Penting Pulihkan Kondisi Setelah Sakit | Breaktime
Penuhi asupan protein, baik itu nabati ataupun hewani agar tubuh cepat normal

Setelah sakit, tubuh juga membutuhkan protein untuk memeprbaiki dan menyembuhkan dari dalam. Daging ayam, telur dan juga ikan dapat Anda jadikan sebagai olahan yang lezat setelah sakit asalkan tidak diolah dengan bumbu-bumbu yang pedas. Konsumsi juga protein nabati dari jenis kacang-kacangan, selai kacang, ataupun juga tahu. Tergantung Anda piliha protein yang mana, yang terpenting kebutuhan protein terpenuhi untuk segera bisa sembuh total.

Probiotik baik

4 Asupan Penting Pulihkan Kondisi Setelah Sakit | Breaktime
Konsumsi juga probiotik baik seperti halnya yogurt untuk segera pulih

Setelah masa sakit, tubuh juga memerlukan probiotik baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh saja, mengosumsi probiotik setelah sakit juga akan membaut sistem pencernaan Anda jadi lancar. Banyak sekali makanan yang mengandung probiotik untuk bisa dikonsumsi, contohnya saja yogurt, keju, ataupun juga kimchi. Ada juga natural probiotik yang bisa Anda pilih, contohnya saja dari apel, kacang-kacangan dan buah beri.

Perbanyak air

4 Asupan Penting Pulihkan Kondisi Setelah Sakit | Breaktime
Jangan lupa minum air putih 2 liter atau 8 gelas setiap harinya

Salah satu hal yang sangat penting untuk Anda lakukan setelah sakit adalah meminum air putih. Dengan mengosumsi air putih dalam jumlah yang banyak, proses penyembuhan akan berjalan dengan cepat. Air juga akan memaksa keluar racun-racun yang ada di dalam tubuh akibat sakit. Jika bosan dengan air putih, Anda bisa memilih buah-buahan yang mengandung banyak air seperti halnya melon, semangka, dan juga jambu air.

Nah, itulah nutrisi yang Anda perlukan untuk membuat tubuh bekerja normal seperti biasanya. Jangan malas untuk menagsup nutrisi-nutrisi di atas ya, B’timers. (ya)

Share This Article