3 Rahasia Diet Langsung dari Para Ahli | Breaktime
3 Rahasia Diet Langsung dari Para Ahli
05.05.2015

Mungkin sudah banyak diet yang B’timers coba, ada yang cocok, ada yang tidak. Akhirnya Anda jadi sering gonta-ganti program diet, mencoba-coba sampai ketemu yang paling klop. Berbagai referensi mulai dari internet hingga cerita dari teman-teman yang sudah berpengalaman pun menjadi masukan untuk Anda.

Tapi kalau belum juga berhasil, kini saatnya Anda menyimak tips dari para ahli. Ya, Breaktime punya beberapa metode diet dari Dr. Mike Roussell, Ph.D., seorang konsultan nutrisi sekaligus penulis buku “Dr. Mike’s 7 Step Weight Loss Plan” dan “6 Pillars of Nutrition”. Dr. Mike mengungkapkan dua macam diet basic berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care, yakni diet tinggi karbohidrat rendah lemak dan diet dengan makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal.

Digambarkan dalam persentase, diet tinggi karbohidrat rendah lemak mengatur pola makan dengan 65% kalori didapat dari karbohidrat, 20% kalori dari lemak, dan 15% kalori dari protein. Diet dengan metode ini termasuk salah satu cara menurunkan berat badan yang bisa dibilang “tradisional”.

Sementara itu, diet yang kedua yakni diet dengan makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal serupa dengan Mediterranean diet, di mana 47% kalori didapat dari karbohidrat, 38% kalori dari lemak, dan 15% kalori dari protein. Nah, untuk metodenya, ada tiga langkah yang bisa B’timers ikuti:

Hindari kuah salad rendah lemak atau bebas lemak

Kuah seperti ini justru memiliki kandungan minyak dan gula yang cukup tinggi.  Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan olive oil yang dicampur dengan vinegar sebagai salad dressing yang memiliki rasa segar.

Seimbangkan makanan yang digoreng dengan sayuran

Anda yang gemar makan ayam atau udang goreng bisa memadukannya dengan aneka sayuran hijau seperti selada misalnya. Hindari menyantap makanan yang digoreng begitu saja tanpa didampingi sayuran, serta atur porsi sayuran lebih banyak ketimbang makanan yang digoreng.

Sayuran menjadi penyeimbang tepat untuk diet Anda
Sayuran menjadi penyeimbang tepat untuk diet Anda

Lebih pintar mengontrol snack atau camilan

Camilan seperti kue-kue kering dan biskuit sebenarnya merupakan wujud lain dari karbohidrat yang kurang baik untuk tubuh Anda. Cobalah mengganti camilan Anda dengan kacang macadamia yang kaya kandungan lemak tak jenuh serta membantu mempercepat penurunan berat badan.

Supaya hasil diet yang diperoleh lebih maksimal, tak ada salahnya B’timers berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengatur asupan makanan yang pas dikonsumsi setiap hari. Semangat, ya!

Share This Article