3 Persiapan Wajib Anda Lakukan Sebelum Marathon | Breaktime
3 Persiapan yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Marathon
08.01.2016

Hai B'timers, sudah pernah mengikuti event tertentu? Pasti sangat menyenangkan, bukan? Seperti event lari marathon contohnya. Ya, sebuah event yang melibatkan banyak orang untuk berlari dengan rentan jarak yang cukup jauh.

Persiapan untuk event yang satu ini cukup panjang, B'timers, mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh dan juga rintangan yang menghadang tidak mudah ditaklukkan. Bagi Anda yang hendak mengikuti event yang satu ini, persiapan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

3 Persiapan Wajib Anda Lakukan Sebelum Marathon | Breaktime
Sarapan adalah salah satu persiapan yang wajib dipenuhi

1. Persiapkan fisik

Inilah hal yang paling penting untuk Anda persiapkan dalam perlombaan ini. Anda bisa saja jatuh lemas hanya karena kurangnya persiapan. Sebelum itu terjadi, persiapkan fisik Anda dengan cara beristirahat sempurna 8 jam sebelum keberangkatan.

Selain istirahat cukup, latihan fisik seperti lari bertahap tiap harinya juga penting untuk dilakukan. Lakukan secara rutin agar tubuh Anda siap menghadapi medan yang sulit saat mengikuti perlombaan tersebut.

2. Jangan paksakan diri

Lari marathon adalah lari jarak panjang, B'timers. Tubuh akan merasa lelah dan Anda akan membutuhkan istirahat setelah berlari cukup lama. Anda bisa berjalan santai saat pertandingan sudah memasuki pertengahan. Hal ini penting dilakukan agar otot pada kaki tidak kram akibat terlalu dipaksa saat belari.

Apabila tubuh Anda sudah tidak yakin untuk melanjutkan, sebaiknya berhenti saja, B'timers. Sebab, bisa jadi akan berakibat fatal jika terlalu dipaksakan.

3. Makanan

Sarapan juga mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Bahkan makanan juga bisa membuat mood menjadi lebih baik. Oleh karena itu, sebelum melakukan perlombaan ini sangat disarankan untuk sarapan terlebih dahulu. Menu makanan yang cocok untuk dikonsumsi sebelum marathon adalah sayur dan buah segar seperti apel.

Kombinasikan dengan 2 gelas air putih, agar kebutuhan air Anda tercukupi saat berlari, B'timers. Sedangkan untuk jam makans, sangat dianjurkan untuk sarapan 45 menit sebelum perlombaan dimulai, agar perut Anda tidak sakit saat mulai berlari.

Itulah beberapa tips persiapan yang bisa Anda coba sebelum melakukan lari jarak jauh. Poin terpenting dari semua itu adalah kesiapan diri dan mental, karena keduanya memang sangat berperan penting. | WSU 

Share This Article