3 Penyebab Utama yang Bikin Anda Mudah Lelah Usai Makan | Breaktime
3 Penyebab Utama yang Bikin Anda Mudah Lelah Usai Makan
28.12.2015

Ketika konsentrasi mulai menurun dan tubuh mulai begitu lemas, bisa jadi ini adalah sinyal yang diberikan tubuh agar B’timers segera makan. Namun, bagaimana kalau setelah makan Anda malah merasa makin lelah? Mata terasa semakin mengantuk dan Anda hanya ingin tidur saja.

Waduh, kalau kejadian ini terjadi di kantor dengan deadline padat yang menanti, urusannya bisa jadi gawat, ya. Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan Anda malah jadi lelah dan tak bersemangat selesai makan? Yuk, intip informasinya!

Mengandung karbohidrat berlebih

Sejumlah makanan seperti nasi, roti, keripik kentang, pasta, atau tortilla ternyata lebih banyak mengandung karbohidrat daripada protein atau lemak sehat. Padahal, makanan tersebut sangat mudah diubah menjadi karbon dioksida yang akhirnya bersarang di paru-paru dan keluar ketika B’timers menghembuskan nafas.

Adanya kadar karbon dioksida yang tinggi dalam tubuh inilah yang membuat Anda merasa lemah dan lelah. Namun, hal yang sama tidak akan berlaku bila Anda mengonsumsi karbohidrat secar seimbang. Pilihlah menu karbohidrat yang juga kaya akan nutrisi lainnya seperti serat, vitamin, serta mineral yang bisa B’timers temukan pada gandum, oat, ataupun jagung.

3 Penyebab Utama yang Bikin Anda Mudah Lelah Usai Makan | Breaktime
Hindari makanan asin dan bersodium tinggi

Mengandung kadar garam dan sodium tinggi

Rasa lelah dan letih juga akan menyapa Anda bila mengonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Sebab, makanan asin akan akan menyerap air dalam tubuh yang menjadikan Anda dehidrasi dan akhirnya tubuh terasa letih.

Tak hanya makanan asin saja, ya. Sejumlah makanan yang mengandung sodium tinggi seperti daging beku, ayam, maupun pizza juga punya kecenderungan membuat Anda merasa letih saat mengonsumsinya, terlebih bila makan secara berlebihan. Solusinya, sebelum memakan makanan tersebut, konsumsilah buah segar terlebih dulu seperti apel atau jeruk.

Minuman karbonasi

Apakah B’timers termasuk orang yang tak bisa lepas dari konsumsi minuman berkarbonasi? Ternyata, minuman ini memiliki banyak udara dan memicu penumpukan karbon dioksida dalam tubuh setelah makan. Bahkan, minuman karbonasi yang mengandung kafein bisa memicu kekacauan dalam tubuh secara bersamaan sehingga oksigen dalam tubuh pun ikut terdesak.

Kalau sudah begini, Anda pun jadi mengantuk dan enggan beraktivitas. Hal yang sama juga berlaku bila B’timers punya kebiasaan mengunyah permen karet sebelum makan. Saat mengunyahnya, perut akan terisi banyak udara hingga penuh dan akhirnya bikin tubuh terasa lelah.

Kini, Anda sudah tahu dengan baik apa saja yang selama ini membuat tubuh sering mengantuk usai jam makan siang, bukan? Kalau sudah begitu, giliran B’timers untuk lebih selektif saat memilih menu makanan dan mengontrolnya, ya! (vsc)

Share This Article