3 Nutrisi Wajib Bagi Para Penggila Futsal | Breaktime
3 Nutrisi Wajib Bagi Para Penggila Futsal
06.06.2015

Berlari, menendang, melompat, aktivitas fisik yang banyak dilakukan dalam olahraga futsal tersebut tentu sangat menguras tenaga. Maka dari itu, B’timers yang hobi bermain futsal tak boleh menyepelekan asupan nutrisi yang wajib masuk ke dalam tubuh seperti berikut ini:

Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bergerak dan beraktivitas
Karbohidrat adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bergerak dan beraktivitas

Karbohidrat dikatakan penting bagi olahragawan atau juga para pemain futsal karena kandungan glycogen yang terdapat di dalamnya merupakan salah satu sumber tenaga yang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, jangan asal mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat karena apabila terlalu banyak juga tidak bagus untuk stamina. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selain nasi adalah putih telur, kentang, biji-bijian, jeruk, blueberry, semangka, ubi jalar, sereal, pisang, roti, dan susu.

Protein

Asam amino di dalam protein dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk meningkatkan kesehatan
Asam amino di dalam protein dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk meningkatkan kesehatan

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh karena berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Makanan yang mengandung protein tinggi rata-rata berasal dari sayur-sayuran. Makanan-makanan yang mengandung protein tinggi, antara lain daging, telur, jamur, ayam tanpa kulit, susu, ikan laut, kepiting, tahu, kacang almond, apel, manggis, kurma, brokoli, kecambah, jagung manis, pisang dan juga belalang.

Vitamin D

Selain untuk kekuatan otot dan tulang, vitamin D juga memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh
Selain untuk kekuatan otot dan tulang, vitamin D juga memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Vitamin D juga dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kinerja otot dan penguatan tulang. Namun dalam penelitian terbaru yang dilakukan di University of Pittsburg Medical Center, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dengan jumlah berlebihan justru akan membuat tulang rapuh. Maka disarankan untuk tetap menyeimbangkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Makanan-makanan yang mengandung vitamin D, antara lain minyak hati ikan cod, salmon, tuna, haring, caviar, susu, jamur shitake, keju cheddar dan telur.

B’timers, pastikan ketiga nutrisi tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dalam porsi yang seimbang, ya! Dengan demikian, kesehatan tetap terjaga dan stamina saat futsal pun bisa bertahan lama.

Share This Article