3 Manfaat Wine yang Tak Banyak Diketahui | BREAKTIME
3 Manfaat Wine yang Tak Banyak Diketahui
11.04.2015
“Wine is the most healthful and most hygienic of beverages.”

-Louis Pasteur-

B’timers, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, termasuk juga wine, memang tak baik untuk kesehatan. Namun tahukah Anda jika mengonsumsi 1 hingga 2 gelas wine per hari justru akan memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan?

Menurut American Heart Association, mengonsumsi wine dengan jumlah yang wajar, antara 1 sampai 2 gelas setiap hari akan mencegah terjadinya gangguan jantung dengan meningkatkan high-density lipoprotein atau yang biasa disingkat dengan HDL. Nah, selain bisa mencegah terjadinya gangguan jantung apa lagi ya, manfaat mengonsumsi wine ini? Simak ulasan yang telah Breaktime siapkan berikut ini! 

3 Manfaat Wine yang Tak Banyak Diketahui | BREAKTIME
Tak banyak diketahui, wine ternyata bermanfaat untuk kesehatan

Menurunkan resiko terkena kanker usus besar

Berdasarkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Gastroenterology pada tahun 2005, mengonsumsi wine khususnya yang berasal dari anggur merah dengan jumlah wajar dan seimbang mampu menurunkan resiko terkena kanker usus besar. Hal ini karena di dalam segelas wine terdapat kandungan baik berupa fitoestrogen yang akan mencegah dan menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. 

Melangsingkan tubuh

Bagi B’timers yang sedang ingin menurunkan berat badan, imbangi olahraga dengan meminum segelas wine. Meminum wine bisa mengurangi timbunan lemak yang berada di tubuh, karena terdapat senyawa piceatannol yang dikonversikan menjadi resveratrol dan berfungsi untuk mengontrol obesitas. Senyawa tersebut akan mencegah pembentukan sel lemak dengan mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Mencegah stroke

Flavonoid yang ada dalam wine selain bisa mengurangi resiko terkena jantung koroner juga bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah serta penumpukan kolesterol jahat yang berada di pembuluh darah arteri. Jika peredaran darah lancar, maka berbagai penyakit mengerikan bisa dicegah. 

Namun, satu hal yang perlu B’timers perhatikan saat mengonsumsi wine yaitu jangan sampai berlebihan. Mengonsumsi wine dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi, gangguan hati, obesitas, bahkan berbagai jenis kanker. So, be wise!

Share This Article