3 Manfaat Minyak Ikan yang Baik untuk Kesehatan | Breaktime
3 Manfaat Minyak Ikan yang Baik untuk Kesehatan
11.02.2016

Apakah Anda termasuk orangtua yang selalu memaksa buah hati untuk mengonsumsi minyak ikan setiap hari, B’timers? Atau ketika kecil dulu Anda berusaha bersembunyi ketika tiba waktunya minum minyak ikan?

Ahli kesehatan di seluruh dunia menyarankan untuk mengonsumsi jenis ikan berlemak tinggi atau meneguk suplemen minyak ikan, karena manfaat minyak ikan memang banyak bagi kesehatan tubuh. Studi selama 10 tahun terakhir telah menunjukkan beragam manfaat asupan makanan dari minyak ikan ini.

Minyak ikan vs. minyak ikan cod

Banyaknya produk suplemen minyak ikan yang beredar di supermarket terkadang membuat beberapa orang bingung membedakan minyak ikan dengan minyak ikan cod. Well, lain dari minyak ikan yang diambil dari jaringan lemak ikan, seperti ikan trout, makarel, tuna, herring, sarden, dan salmon. Minyak ikan cod hanya diproses dari hati ikan cod saja.

Sementara kandungan dari minyak ikan adalah DHA (docosahexaeonic acid) dan EPA (eicosapentaeonic acid), di mana keduanya merupakan jenis asam lemak Omega-3, dan dikatakan jumlahnya lebih tinggi dibanding yang terdapat pada minyak ikan cod. Namun jumlah vitamin A dan D pada minyak ikan lebih sedikit daripada minyak ikan cod.

1.Healthy cholesterol level support

Rutin mengonsumsi minyak ikan, artinya Anda menambah asupan kolesterol sehat dalam darah. Dengan minimal 3 – 6 gram minyak ikan setiap hari dapat membantu meningkatkan kadar HDL (High-density lipoprotein) atau kolesterol baik atas LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Hal tersebut yang membantu mengurangi kolesterol jahat yang menumpuk di dinding arteri, sehingga beresiko menyumbat aliran darah. Ini manfaat minyak ikan yang paling penting, B’timers. Karena dengan demikian Anda dapat terhindar dari resiko penyakit mematikan.

3 Manfaat Minyak Ikan yang Baik untuk Kesehatan | Breaktime
Masa menoupause ditandai dengan pengeroposan tulang

2.Bone health support

Bertambahnya usia, khususnya pada wanita yang memasuki masa menopause, kekuatan tulang mulai berkurang. Dan hal itu yang menyebabkan timbulnya osteoporosis. Berdasarkan penelitian, dengan mengonsumsi asam lemak, dapat meningkatkan kesekatan tulang.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan tulang Anda secara menyeluruh adalah memastikan cukup asupan kalsium serta Omega-3 dan Omega-6 yang terkandung di dalam minyak ikan.

3.Mood support

Penelitian telah menunjukkan, bahwa menambahkan minyak ikan ke dalam diet secara teratur dapat memperbaiki suasana hati. Mengonsumsi minyak ikan akan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Anda biasanya akan mendapatkan hormon tersebut atau penyebab timbulnya rasa bahagia, setelah mengonsumsi karbohidrat. Nah, dengan menambahkan minyak ikan, secara alami tubuh akan melepaskan serotonin, yang dapat membantu mengelola stres.

Seperti yang Anda lihat, manfaat minyak ikan dari suplemen dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Segera penuhi asupan minyak ikan Anda dan keluarga tercinta, ya, B’timers? (NO)

Share This Article