3 Kiat Tetap Fit Meski Sering Begadang | BREAKTIME
3 Kiat Tetap Fit Meski Sering Begadang
27.03.2015

Seluruh dunia mengenal karya-karya agung Pablo Picasso dan Wolfgang Amadeus Mozart. Nah, tahukah B’timers jika kedua seniman hebat ini lebih banyak melakukan proses kreatif di malam hari? Ya, memang banyak orang yang merasa lebih kreatif dan imajinatif saat bekerja di malam hari. Kalau Anda juga termasuk salah satu di antaranya, maka wajib tahu 3 kiat tetap bugar meski sering begadang seperti berikut ini:

Berjemur

Sinar matahari bantu Anda tetap terjaga
Sinar matahari bantu Anda tetap terjaga

Berjalan atau berjemur selama setengah jam di bawah sinar matahari akan membantu B’timers tetap terjaga meskipun rasa kantuk sedang mendera. Menurut Clete Kushida, seorang neurologist dan sleep specialist di Stanford Center for Human Sleep Research California, berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari akan membantu circadian pacemaker (bagian di dalam otak yang berfungsi mengatur pola tidur) menyesuaikan diri dengan kondisi Anda saat itu.  

Tidur siang

Kembalikan energi dengan tidur siang
Kembalikan energi dengan tidur siang

Tak perlu terlalu lama, tidur selama 10 hingga 20 menit akan membantu Anda mengembalikan energi setelah begadang semalaman, seperti yang diungkapkan oleh Zoran Grujic, MD, seorang neurologist and sleep specialist di Central DuPage Hospital Winfield. Jika tidur siang lebih dari 20 menit, bukannya merasa lebih baik tapi Anda justru akan mengalami sleep inertia atau perasaan grogi dan bingung setelah bangun tidur.

Minum air putih

Penuhi kebutuhan air putih supaya tetap fokus
Penuhi kebutuhan air putih supaya tetap fokus

Meskipun tetap terhidrasi tidak mempengaruhi secara langsung tingkat kesadaran diri, tapi hal ini akan mencegah timbulnya dampak negatif dari begadang, misalnya saja kurang bertenaga dan mulut yang terasa kering. Selain itu, menjaga cairan tubuh tetap seimbang juga membantu Anda untuk tetap fokus beraktivitas setelah melalui malam yang panjang tanpa beristirahat.

Meski ada cara yang bisa dilakukan untuk tetap fit setelah begadang, bukan berarti Anda diperbolehkan sering melakukannya, B’timers! Berusahalah menjaga pola tidur karena bagaimanapun juga tubuh tetap membutuhkan waktu untuk isitrahat dan melakukan regenerasi.

Share This Article