3 Distraksi Baik Sekaligus Buruk Saat Olahraga | Breaktime
3 Distraksi Baik Sekaligus Buruk Saat Olahraga
05.05.2016

Sudah menjadi hal lumrah jika sebagian besar dari Anda tampak bersemangat ketika pergi ke gym seolah ingin menyambut hari baru. Namun nyatanya, setelah 5 menit workout latihan sudah ‘berakhir’ karena bosan. Nah, penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa multitasking ketika melakukan beberapa jenis olahraga dapat memberi keajaiban bagi pikiran dan pada latihan Anda.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, peneliti dari University of Florida memiliki sekelompok laki-laki dan perempuan berusia lanjut di ruangan yang tenang. Mereka diminta melakukan 12 tugas-tugas kognitif yang berbeda. singkatnya, hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang-orang tersebut mampu bersepeda 25 persen lebih cepat setelah mengerjakan tugas-tugas tersebut.

3 Distraksi Baik Sekaligus Buruk Saat Olahraga | Breaktime
Mendengarkan musik untuk menghilangkan rasa bosan (

Sayangnya, distraksi yang katanya mampu meningkatkan power dan semangat saat berlatih tersebut juga memberi dampak buruk meski tanpa disadari. Berikut ini adalah 4 distraksi terbaik sekaligus terburuk yang sering terjadi saat Anda sedang berolahraga.

Mendengarkan musik

Musik adalah obat. Sebuah penelitian di Brunel University di Inggris menemukan bahwa musik bersifat stimulatif yang merangsang pikiran Anda untuk menikmati latihan Anda agar tidak mudah bosan. Mendengarkan musik sambil olahraga juga menurunkan intensitas tenaga sehingga tidak mudah lelah dan mampu melakukan workout dalam waktu yang cukup lama.

Namun, mendengarkan musik juga mungkin membuat latihan Anda kurang maksimal. Hal ini karena musik juga yang akan membuat Anda tidak fokus melakukan apa yang seharusnya dilakukan di tempat gym.

3 Distraksi Baik Sekaligus Buruk Saat Olahraga | Breaktime
Baik, namun juga buruk

Main mobile game

Ini mungkin cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan. Penelitian menunjukkan bahwa video game meningkatkan pembelajaran. Dan, jika Anda benar-benar larut ke dalam permainan, Anda tidak akan menyadari bahwa Anda cukup lama berlatih, di atas treadmill misalnya. Namun karena waktu juga berlalu, apa energi Anda sudah cukup terbuang?

Membaca novel

Seperti musik dan game, membaca novel juga bisa membuang bosan saat sedang berlatih. Namun sekali lagi, itu mungkin juga bisa menjadi ‘gangguan’ pada Anda untuk meraih apa yang Anda inginkan. Well, itu bukan menjadi sebuah masalah jika Anda tak buru-buru dengan hasil exercise yang Anda lakukan. Jadi, jika ingin bertahan lama di gym, bawa buku terbaik untuk dibaca.

Begitulah, B’timers. Semua ada baik dan buruknya. Namun, jika Anda bisa mengambil langkah dan mengaturnya dengan bijak, dampak buruk bisa dikurangi dan mungkin malah sama sekali tidak ada. Jadi, selamat berlatih ya, B’timers! (nap)

Share This Article