3 Daily Meals Tinggi Protein Rendah Lemak | BREAKTIME
3 Daily Meals Tinggi Protein Rendah Lemak
03.03.2015

"Respect your body. Eat well. Dance forever.”

- Eliza Gaynor Minden -

Protein dan serat memegang peranan yang cukup vital dalam mencukupi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, B’timers perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat namun rendah lemak. Untuk itu, Breaktime mencoba menyajikan beberapa list makanan sehat yang tinggi protein dan serat namun memiliki jumlah lemak yang sedikit seperti berikut ini: 

Whole-Grain Bread

Kudapan menyehatkan di pagi hari, roti gandum
Kudapan menyehatkan di pagi hari, roti gandum

Untuk konsumsi harian, whole-grain bread atau roti gandum sangat disarankan. Sebab, dalam 1 potong roti gandum mengandung sekurang-kurangnya 5 gram protein dan Omega 3. Selain itu, terdapat pula serat yang akan membuat B’timers merasa kenyang lebih lama. Padukan sandwich gandum dengan telur serta sayuran yang akan makin menyempurnakan asupan nutrisi untuk tubuh. 

Read Beans

Satu mangkuk read beans sebagai snack sehat saat diet
Satu mangkuk read beans sebagai snack sehat saat diet

Sebenarnya, tidak hanya read beans atau kacang merah saja yang mengandung fiber yang sangat tinggi, jenis kacang-kacangan yang lainnya juga. Namun dalam hal protein, kacang merah ini memiliki jumlah yang sangat tinggi. Dalam 1 cup kacang merah rebus setidak-tidaknya mengandung 15 gram protein, 15 gram fiber, dan 1 gram lemak. Makanan yang sangat baik sekali untuk menunjang kesehatan dan diet, ya! 

Oatmeal

Oatmeal, bahan makanan tinggi serat yang bisa menyerap lemak
Oatmeal, bahan makanan tinggi serat yang bisa menyerap lemak

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang sangat disarankan untuk B’timers yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Pasalnya, oatmeal memiliki soluble fiber yang tinggi sehingga bisa menyerap lemak jahat dalam tubuh. Selain fiber, terdapat juga protein yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Terdapat 6 gram protein dalam satu cup oatmeal yang telah diolah. Meskipun kandungan proteinnya tidak sekaya yang terdapat pada roti gandum dan kacang merah, namun oatmeal merupakan salah satu sumber protein nabati tertinggi. 

Whole-grain bread, read beans, dan oatmeal adalah tiga makanan yang kaya akan protein dan serat namun rendah lemak sehingga sangat baik dijadikan konsumsi harian. Padukan 3 bahan tersebut dengan aneka sayur serta buah untuk menciptakan sajian yang menggoyang lidah . 

Share This Article