3 Aturan Makan untuk Pekerja Kantoran
3 Aturan Makan untuk Pekerja Kantoran | BREAKTIME
31.03.2015

Pekerjaan yang menumpuk dan sederet janji penting dengan klien membuat Anda dengan mudahnya melewatkan waktu sarapan dan makan siang. Apakah B’timers termasuk pekerja kantoran yang seperti ini?

Kalau Anda mulai sering mengabaikan jam makan dan menerapkan kebiasaan diet yang keliru, ada baiknya perbaiki sekarang juga. Tanpa disadari, hal semacam ini akan mempengaruhi kesehatan dan akhirnya bisa membuat kinerja kurang maksimal. Lalu, seperti apa aturan makan yang tepat untuk diterapkan pekerja kantoran super sibuk? Simak informasi dari Breaktime berikut ini:

Makan 5 kali sehari

3 Aturan Makan untuk Pekerja Kantoran | BREAKTIME

Cobalah mengonsumsi sedikitnya 5 porsi buah dan sayuran per hari untuk mencegah resiko penyakit degeneratif seperti serangan jantung, kanker dan obesitas. Selain itu, buah dan sayuran juga kaya akan nutrisi seperti vitamin, bioflavanoid, dan juga serat yang bisa menjaga tubuh agar tetap sehat,.

Kalau tidak memungkinkan untuk mengonsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya, ada cara praktis yang bisa Anda terapkan. Pilih berbagai sayur untuk dicampurkan menjadi salad dan olah segala macam buah favorit sebagai jus ataupun smoothies untuk bekal ke kantor.

Konsumsi ikan minimal 3 kali seminggu

3 Aturan Makan untuk Pekerja Kantoran | BREAKTIME

Selain baik untuk otak, rutin mengonsumsi ikan juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan berbagai penyakit degeneratif lainnya. Ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang juga membantu menjaga kesehatan sistem saraf.

Menu makan siang seperti sandwiches roti gandum dengan isian ikan tuna, tenggiri, atau salmon adalah pilihan terbaik untuk disantap di kantor. Untuk menghindari aroma amis setelah menyantap olahan ikan, jadikan buah-buahan seperti apel atau jeruk sebagai pencuci mulut.

Lebih selektif dengan menu makanan

3 Aturan Makan untuk Pekerja Kantoran | BREAKTIME

Waktu istirahat yang singkat sering jadi alasan untuk jajan di kantin atau food court terdekat. Meski praktis, sebaiknya Anda hindari hal ini jika sebagian besar menu yang dijual tergolong dalam kategori tak sehat: berlemak, banyak mengandung penyedap, dan terlalu manis.

Sebaiknya B’timers membawa sendiri bekal yang kaya serat, misalnya saja roti atau cracker gandum. Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya. Agak repot memang, tapi jauh lebih baik untuk kesehatan Anda.

Meski disibukkan dengan setumpuk pekerjaan, jangan sampai mengabaikan kesehatan ya, B’timers. Apa artinya karier yang menanjak tapi tubuh jadi rapuh? So, be wise and eat healthy!

Share This Article