3 Ajaran Sederhana Hidup Sehat ala Rasulullah | Breaktime
3 Ajaran Sederhana Hidup Sehat ala Rasulullah
16.05.2015

Bila kini banyak bertebaran artikel dan buku yang mengupas gaya hidup sehat dari perspektif negara Barat, sebagai seorang muslim, tak tertarikkah B’timers untuk menggali lebih dalam gaya hidup sehat yang dicontohkan oleh Rasulullah?

Ajaran Islam untuk hidup sehat dan bahagia sebenarnya banyak berangkat dari hal-hal sederhana yang selama ini luput dari pandangan. Nah, praktik hidup sehat dan sederhana apa saja yang selama ini telah diajarkan oleh Nabi tapi sering luput dari pengamatan B’timers? 

Mematikan lampu saat tidur

Matikan lampu sebelum tidur
Matikan lampu sebelum tidur

Apakah B’timers selalu beristirahat dengan kondisi lampu yang sudah dimatikan? Well, you’re one step closer to the Prophetic sunnah of healthy life. Tidur dengan lampu dimatikan sangat bagus dalam merangsang produksi melatonin yang bikin tidur jadi lebih pulas.

Mencuci tangan

Cuci tangan saat bangun tidur
Cuci tangan saat bangun tidur

Cuci tangan setelah bangun tidur juga termasuk gaya hidup sehat yang diajarkan Nabi Muhammad sejak lama. Kebiasaan ini akan menghindarkan B’timers dari berbagai kuman atau sisa-sisa keringat yang terperangkap dalam tubuh ketika tidur.

Bahkan, dr. Robby Kurniawan dari House of Hario juga pernah menuturkan bahwa hanya dengan cuci tangan menggunakan sabun dapat menjadi tindakan pencegahan paling efektif untuk memerangi penyebaran virus ebola.

Gosok gigi dengan siwak

Gosok gigi dengan siwak menyehatkan gigi
Gosok gigi dengan siwak menyehatkan gigi

Apakah B’timers pernah menjumpai batang kayu dari Timur Tengah yang biasanya kerap dijadikan oleh-oleh haji? Yap, it’s called as siwak. The Wrigley Company, sebuah perusahaan dunia yang bermarkas di Illionis dan banyak memproduksi sabun dan baking powder menerbitkan penelitian tentang siwak di tahun 2007 dan dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Dalam penelitian ini terungkap bahwa ekstrak siwak memiliki kandungan aktif 20 kali lipat lebih baik dalam membunuh bakteri daripada produk kebersihan gigi lain yang menggunakan ekstrak mint biasa. 

Selain itu, peneliti dari Karolinska Institute, Swedia, yakni Sofrata AH juga menemukan bahwa siwak memiliki kandungan ampuh untuk melawan karies dan mikrorganisme kecil dalam mulut. Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk memilih kayu siwak bertekstur lunak dan berserat bagus, ya!

Nah, itulah beberapa ajaran Rasulullah tentang hidup sehat yang sangat sederhana tapi kerap luput dari pandangan. Mulai sekarang, yuk gali lebih dalam seputar ajaran-ajaran Nabi lainnya yang dapat membuat tubuh B’timers jadi lebih fit dan terbebas dari penyakit.

Share This Article