2 Waktu Sarapan Ideal yang Bikin Stamina Olahraga Optimal | BREAKTIME
2 Waktu Sarapan Ideal yang Bikin Stamina Olahraga Optimal
15.04.2015
"I adamantly believe in the power of food to optimize health and wellness, prevent disease and maximize the way you look and feel – inside and out!"

-Cynthia Sass-

Banyak orang menghindari makan sebelum melakukan olahraga karena menganggap hal tersebut akan membuat pembakaran lemak semakin efektif. Padahal, kebiasaan ini sebenarnya tergolong tak sehat karena tubuh dipaksa untuk tetap aktif bergerak meski dalam keadaan lapar. 

Itulah mengapa B’timers perlu menyantap sarapan sekaligus memilih waktu yang tepat untuk memasok energi secara optimal ke dalam tubuh. Menurut seorang pakar gizi New York, Cynthia Sass, ada 2 pilihan waktu makan yang ideal untuk dilakukan sebelum olahraga antara lain: 

2-3 jam sebelum olahraga

2 Waktu Sarapan Ideal yang Bikin Stamina Olahraga Optimal | BREAKTIME
Sandwich gandum pas disantap 2 hingga 3 jam sebelum berolahraga

Makan sekitar 2-3 jam sebelum melakukan olahraga membuat tubuh punya cukup kesempatan untuk menyerap segala nutrisi yang dikonsumsi serta mengedarkannya ke dalam darah. Maka dari itu, B’timers bisa memilih makanan yang mengandung nutrisi lebih kompleks seperti serat, lemak baik, dan juga protein yang bisa didapatkan dari sandwich gandum, sayuran, dan buah alpukat.  

Adanya kandungan kompleks pada jenis makanan tersebut juga dapat membantu Anda tak mudah lelah atau merasa lapar saat berolahraga. Selain itu, Anda juga bisa menambah asupan kalori yang mudah dicerna oleh tubuh seperti  susu organik, susu skim, sereal gandum, dan juga corn flakes. 

1 jam sebelum olahraga

2 Waktu Sarapan Ideal yang Bikin Stamina Olahraga Optimal | BREAKTIME
Greek yogurt, mudah dicerna oleh tubuh saat disantap sebelum berolahraga

Sass juga menambahkan, jika Anda hanya memiliki waktu makan 1 jam sebelum melakukan olahraga, pilihlah kudapan yang cepat untuk disajikan sekaligus mudah dicerna oleh tubuh. Anda bisa menjadikan susu cokelat rendah lemak dan greek yogurt sebagai menu pilihan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi semangkuk sereal ataupun sepotong buah segar seperti apel. Sepotong buah apel mengandung quercetin yang akan membantu tubuh untuk menghancurkan karbohidrat kompleks menjadi simple sugar sehingga gula darah dapat tetap terkontrol saat berolahraga.

Nah, kini tak ada alasan lagi bagi Anda untuk skipping breakfast as you have to do a quick sport! Sarapan sehat di pagi hari akan membantu stamina olahraga B’timers makin optimal serta tak mudah memunculkan rasa lelah yang akhirnya membuat Anda menyerah untuk menyelesaikan olahraga.

Share This Article