10 Tips Memulai Diet Clean Eating, Ikuti Yuk! | Breaktime
10 Tips Memulai Diet Clean Eating, Ikuti Yuk!
30.07.2016

Clean eating secara harfiah berarti makan bersih. Namun, tahukah B’timers apa itu makan bersih? Salah satu cara untuk menyegarkan pola diet Anda adalah dengan melakukan clean eating. Diet ini lebih dari sekedar makan makanan sehat lho, B’timers.

Diet ini memberikan asupan makanan full  sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. B’timers juga disarankan untuk mengurangi kadar gula, garam, dan lemak yang tidak sehat.

Berikut adalah tips untuk memulai clean eating diet.

  • Kurangi mengonsumsi makanan instan

Makanan olahan mengandung banyak sodium, gula, dan lemak. Cara mudah untuk melakukan clean eating dengan membaca bahan-bahan yang tercantum dalam kemasan makanan instan. Sebaiknya buatlah makanan versi B’timers sendiri.

  • Tingkatkan mengonsumsi sayuran

Sayuran mengandung banyak vitamin A dan tinggi serat. Untuk itu B’timers perlu meningkatkan konsumsi sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata, tulang, dan darah.

  • Kurangi mengonsumsi lemak jenuh

Tidak perlu mengurangi seluruh lemak pada makanan. Tetap harus mempertahankan lemak sehat yang terkandung dalam makanan yang  dikonsumsi. B’timers bisa mengganti lemak jahat yang terkandung dalam mentega dengan minyak zaitun atau minyak canola.

  • Kurangi asupan minuman beralkohol

Alkohol memang tidak menyehatkan untuk tubuh. Namun, Anda masih bisa mengonsumsi minuman beralkohol dalam batas wajar.

  • Jangan mempermanis clean eating diet Anda

Kebanyakan orang mengonsumsi banyak gula saat melakukan program diet. B’timers hanya perlu mengurangi konsumsi gula pada makanan yang dikonsumsi.

10 Tips Memulai Diet Clean Eating, Ikuti Yuk! | Breaktime
Buah dan Sayur untuk Clean Eating Diet
  • Jangan mengonsumsi garam berlebihan

Mengonsumsi garam berlebihan ternyata juga tidak baik lho, B’timers. Garam yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Kurangi tambahan garam pada makanan Anda dan perbanyak rempah-rempah.

  • Biji-bijian

Ternyata biji-bijian memiliki gizi yang tinggi. Biji-bijian mengandung kalsium, kalori, karbohidrat, lemak, dan garam. Namun pilihlah biji-bijian yang masih baik untuk dikonsumsi.

  • Konsumsi sedikit daging

Clean eating diet  bukan berarti tidak mengonsumsi daging sama sekali. Tetapi mengonsumsi sedikit daging dapat mengurangi lemak jenuh pada diet Anda.

  • Tingkatkan konsumsi buah-buahan

Buah-buahan mengandung kalium dan vitamin C tinggi. Jika B’timers tidak terlalu suka mengonsumsi buah-buahan, dapat diolah menjadi minuman atau kue sesuai selera masing-masing.

  • Kurangi konsumsi biji-bijian halus

Tepung merupakan hasil dari olahan biji-bijian. Namun kandungannya mulai berubah akibat proses penambahan bahan-bahan lain saat proses pengolahan. Tepung mengandung banyak lemak jenuh.

Yuk, mulai melakukan clean eating diet demi kesehatan B’timers! (vpd)

Share This Article