10 Aturan Penting Dalam Menurunkan Berat Badan | Breaktime
10 Aturan Penting Dalam Menurunkan Berat Badan
06.01.2016

Berat badan ideal dan bentuk tubuh yang ramping merupakan impian setiap orang. Untuk mencapainya, terdapat bermacam jenis dan tipe diet yang bisa B’timers terapkan. Namun, tak sedikit diet yang berakhir gagal karena kebiasaan yang salah. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik apa yang harus Anda lakukan dan apa yang wajib dihindari.

Jika kebiasaan buruk masih terjadi dalam diet Anda, jangan heran dengan berat badan yang tak kunjung turun. Nah, untuk itu, terapkan 10 aturan berikut:

Lakukan aktivitas ringan

Berjalan kaki sebelum Anda menghampiri kulkas sepulang kerja dapat membakar kalori berlebih. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu mengurangi ketertarikan akan makanan.

Lakukan secara perlahan!

Tak perlu langsung merubah kebiasaan, Anda bisa memulainya dengan kebiasaan kecil seperti latihan selama 5 menit tiap pagi ataupun mengganti chessecake dengan secangkir teh hangat.

10 Aturan Penting Dalam Menurunkan Berat Badan | Breaktime
Sushi bisa menjadi salah satu menu pilihan

Pilih-pilih makanan

Saat malas masak, Anda tentu akan membeli makanan di luar, entah itu nasi goreng, bakmi atau bakso. Dibanding makanan tersebut, coba beli seporsi sushi, buah cincang atau tumis sayuran. Makanan ini akan banyak membantu program diet Anda.

Lakukan hobi Anda

Setiap orang tentu memiliki satu hal yang paling disukai. Setidaknya dalam sehari lakukan kegiatan tersebut selama 5 menit jika Anda benar-benar tak memiliki waktu. Kegiatan ini, akan membebaskan Anda dari keinginan untuk mendapatkan makanan sebagai kenyamanan.

Buat daftar makanan

Untuk memulai diet, sebaiknya Anda membuat daftar makanan alternatif. Daftar ini bisa berisikan beberapa makanan yang rendah kalori. Selanjutnya, terapkan menu dalam daftar tersebut untuk mendukung diet Anda.

Pilih camilan rendah kalori

Sebungkus keripik kentang ataupun seloyang pizza memang cocok untuk dinikmati ketika bersantai. Namun, kali ini gantilah makanan tersebut dengan kacang-kacangan ataupun buah kering agar diet tak gagal.

10 Aturan Penting Dalam Menurunkan Berat Badan | Breaktime
Tulis rencana jurnal harian untuk program diet Anda

Rekreasi dan sibukkan diri

Keinginan untuk makan biasanya muncul ketika Anda sedang bersantai dan tengah bosan. Untuk itu, coba sibukkan diri Anda. Lakukan kegiatan menyenangkan ataupun rekreasi. Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk menulis jurnal.

Abaikan kesenangan jangka pendek

Terkadang keinginan untuk mengonsumsi makanan enak yang tinggi kalori tentu akan muncul. Tapi, sebisa mungkin abaikan keinginan ini. Makanan tinggi kalori memang dapat memanjakan lidah dan perut Anda, tapi berpengaruh buruk terhadap berat badan Anda.

Selalu termotivasi

Kehilangan motivasi merupakan salah satu hal yang sering terjadi saat menjalankan diet. Namun, tetaplah termotivasi dengan menengok kembali pencapaian Anda selama ini, dengan begitu semangat akan tetap terjaga.

Lakukan mulai sekarang!

Untuk memulai, kadang Anda akan menunda-nundanya. Sekarang, tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda tunggu? Jadi, lakukan mulai sekarang.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, B’timers! (dfr)

Share This Article