Tips Yang Benar Mengurangi Jerawat Meradang | Breaktime
Tips Yang Benar Mengurangi Jerawat Meradang
14.06.2017

Hingga saat ini, jerawat masih menjadi momok paling memusingkan bagi sebagian besar orang, khususnya perempuan. Kulit berjerawat tidak hanya dialami pada masa puber, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa. Jerawat memang sangat mengganggu penampilan, terlebih lagi untuk B’timers yang akan pergi kencan bersama doi. Pastinya segala cara telah dilakukan untuk mengurangi jerawat yang muncul di wajah.

Anda pasti pernah melakukan perawatan alami dengan bahan-bahan yang banyak disarankan di internet, seperti madu, lemon, es batu, aloe vera, bawang putih, dan masih banyak lagi. Namun, sebenarnya tidak cukup hanya dengan menggunakan masker dari bahan alami, Anda juga harus melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengurangi jerawat atau bahkan mencegah jerawat muncul lagi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Muka Berjerawat? Ini Tips Kecantikan untuk Anda!

Jerawat bisa muncul dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain, pradisposisi genetic, pengaruh lingkungan seperti radiasi sinar UV, asupan nutrisi yang tidak dijaga, dan fluktuasi hormone. Itulah beberapa penyebab utama munculnya jerawat. Tidak hanya satu jenis jerawat yang bisa muncul, tetapi ternyata jerawat juga punya beberapa jenis, seperti jerawat vulgaris, jerawat inversa, dan jerawat mallorca.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi jerawat di wajah selain dengan menggunakan masker dari bahan alami. Tips yang pertama adalah dengan menjalani hidup sehat, misalnya dengan berolahraga. Hal ini bisa membakar lemak di tubuh, sekaligus membuang toksin yang ada dalam tubuh. Ini adalah cara mengurangi jerawat dari dalam dan punya banyak manfaat.

Selain berolahraga, imbangi juga dengan mengonsumsi asupan yang memang dibutuhkan untuk wajah berjerawat. Apa saja itu? Vitamin dan antioksidan dari buah dan sayur adalah asupan penting yang harus selalu dikonsumsi. Ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Minum air putih yang cukup atau Anda juga bisa mengonsumsi teh tanpa gula. Ini akan menjaga tubuh menyimpan mineral penting dan akan membuang zat beracun dalam tubuh. Anda juga bisa menambahkan cuka sebanyak dua sendok teh ke segelas air untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

Kadar gula dalam darah ternyata juga berpengaruh pada munculnya jerawat. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi asupan dengan kandungan glikemik rendah bisa mengendalikan tingkat gula darah dan membantu meringankan jerawat.

Tips Yang Benar Mengurangi Jerawat Meradang | Breaktime
Terapkan pola hidup sehat untuk mengurangi jerawat
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Hilangkan Jerawat Batu Pakai Bahan Dapur!

Vitamin A dari bayam, wortel, kangkung, pepaya, melon, dan ubi jalar mampu mengurangi produksi sebum. Tidak hanya membuat kulit Anda bersih dari jerawat, tetapi juga buat kulit lebih bersinar. Anda hanya perlu mengonsumsinya secara teratur.

Vitamin C juga membantu kulit untuk memproduksi kolagen. Ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih fresh. Anda bisa mengonsumsi jeruk, brokoli, atau tauge. Makanan-makanan tersebut juga mengandung kadar glikemik rendah, lho. Jadi Anda bisa mengurangi jerawat dengan cepat.

Coklat juga bisa Anda konsumsi, karena makanan ini mengandung antioksidan. Apalagi jika Anda memilih dark chocolate yang mampu melindungi kulit dari zat-zat berbahaya yang merusak kesehatan kulit. Berbahagialah, karena ini merupakan salah satu camilan terbaik yang boleh dimakan meski Anda berjerawat.

Asam lemak tak jenuh omega 3 dan omega 6 juga harus ada dalam daftar asupan Anda, seperti salmon, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan 6, bisa membuat kulit lebih bersinar dan bebas jerawat.

Anda juga harus rajin mencuci muka, tetapi jangan berlebihan. Mencuci muka berlebihan justru akan membuat keadaan kulit Anda semakin parah. Cuci muka saat mandi dan sebelum tidur dengan menggunakan sabun pembersih khusus kulit berminyak yang tepat. Gosok secara perlahan dan setelah itu gunakan masker wajah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Cepat dan Praktis Menghilangkan Jerawat

Stres dan emosi negatif rupanya juga mempengaruhi kesehatan fisik. Jadi, untuk menghindari dan mengatasi stress, usahakan untuk punya “me time‘‘ agar Anda bisa merilekskan diri dari hal-hal yang mungkin memang sangat memusingkan.

Last but not least, adalah minta saran dokter. Anda bisa menggunakan jasa dokter kulit ketika memang jerawat di wajah Anda tidak berkurang dan semakin meradang. Meski begitu, B’timers harus tetap melakukan cara yang baik dan benar untuk mengurangi jerawat di wajah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE