Tips Menjaga dan Merawat Fashion Item Berbahan Kulit | Breaktime
Tips Menjaga dan Merawat Fashion Item Berbahan Kulit
27.09.2015

Ada beragam bahan unik untuk fashion item seperti jaket, tas dan sepatu, salah satu bahan tersebut merupakan kulit. Apa B’timers termasuk penyuka aksesori fashion berbahan kulit? Jika dirawat dengan baik, bahan kulit sebenarnya sangat kuat dan tahan lama. Bahkan, seringkali tas kulit atau jaket kulit Anda beridentitas fashion vintage yang berlaku sepanjang masa, lho. Nah, agar tetap terawat dengan baik, berikut tips untuk menjaga produk berbahan kulit Anda:

Tips penyimpanan

Agar kondisi barang tetap bagus, menyimpan item berbahan kulit saat tak dipakai sangatlah penting. Penyimpanan yang baik adalah yang terlindung dari udara panas atau dingin yang ekstrem, serta tidak terlalu kering dan tidak terlalu dingin.

Tips membersihkan

Membersihkan produk berbahan kulit hanya memerlukan waktu beberapa menit, namun itu sudah bisa membuat tas kulit Anda terlihat beda. Barangkali Anda memakai tas kulit turun temurun di keluarga yang umurnya sudah mencapai 10 atau bahkan 20 tahun, membersihkannya dengan sabun dan air bisa jadi salah satu cara yang terbaik untuk mengembalikan pesonanya.

Item berbahan kulit akan awet jika dirawat dengan baik
Item berbahan kulit akan awet jika dirawat dengan baik

Menghilangkan noda

Sama seperti bahan lainnya, bahan kulit juga tak lepas dari noda. Apalagi, jika itu merupakan item vintage yang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya dan baru tersimpan di lemari Anda sekarang. Membersihkan noda pada bahan kulit sebenarnya tidak sulit, dengan menggunakan sabun dan air saja, Anda sudah bisa menghapus noda bekas darah, minyak dan wax.

Baca Juga : 8 KIAT PINTAR RAWAT JAKET KULIT

Mengatasi bau

Kadang bau tak sedap dari bahan kulit memang tak bisa dihindari. Anda bisa mencucikannya di spesialis bahan kulit atau memanfaatkan dry clean, namun memang menghabiskan biaya. Untuk alternatif, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan baking soda.

Yang harus dihindari

Meski bahan kulit sangat kuat dan awet, bukan berarti produk berbahan kulit tak bisa rusak. Perawatan dan pembersihan yang keliru bisa menjadikan bahan kulit pecah-pecah dan kering, membuat tekstur dan warnanya memudar, atau membuatnya terlalu kaku dan keras saat dipakai. Kuncinya adalah hindarkan dari bahan-bahan kimia, suhu panas dan udara lembab.

Itulah tips untuk menjaga produk berbahan kulit milik Anda. Dengan perawatan yang baik, leather B’timers akan tetap kuat dan awet, bahkan akan jadi vintage fashion yang unik. (md)

Share This Article