Ini Fungsi & Jenis Jarum Pentul Sebenarnya! | Breaktime
Ternyata Ini Fungsi & Jenis Jarum Pentul Sebenarnya!
02.01.2017

Jarum pentul adalah salah satu jenis jarum yang digunakan untuk keperluan menjahit. Tetapi, semakin kesini fungsinya menjadi lebih luas. Pasti B’timers sudah banyak yang tahu. Yup, jarum pentul saat ini sudah banyak digunakan untuk keperluan berhijab.

Tak hanya itu, meski bentuknya yang kecil jarum pentul punya banyak fungsi lain. Mulai dari menyematkan kertas pola pada rancangan kain. Berfungsi juga untuk menyatukan bagian-bagian pola baju yang telah dipotong dan memeberi tanda untuk bagian busana yang akan diperbaiki.

Bahkan jarum pentul juga bisa digunakan untuk alat bantu proses pembuatan kerajinan tangan. Mengapa? Tentu saja, karena bentuk dan warnanya yang lucu dan menarik.

Tak hanya memiliki banyak fungsi, melainkan juga memiliki beberapa jenis yang unik. Pertama ada glass head pins. Jenis ini memiliki batang logam dan bola kaca putih pada bagian ujung kepalanya. Jarum ini lebih kuat dan tidak terlalu fleksibel.

Selanjutnya ada ball-point pins. Jarum pentul ini biasa digunakan penjahit untuk menjahit pakaian dengan bahan rajut atau jersey.

Ini Fungsi & Jenis Jarum Pentul Sebenarnya! | Breaktime
Ini beberapa jenis jarum pentul

Silk pins ternyata juga termasuk dalam jenis jarum pentul. Bentuknya yang lebih tipis dan kecil ini seringkali digunakan pada kain hasil tenun atau kain sutera. Ini digunakan agar kain tidak rusak terkena bekas jarum.

Apakah Anda pernah mendengar quilting pins? Jarum pentul jenis ini memiliki bentuk yang lebih panjang, cukup kuat, dan berwarna-warni. Jarum pentul ini biasa digunakan untuk merajut. Mungkin hampir mirip dengan jarum pentul biasanya. Tetapi, masyarakat biasanya menyebut ini sebagai jarum pentul Jepang.

Plastic head pins inilah yang biasa digunakan untuk alat bantu membuat kerajinan. Jarum jenis ini tidak perlu membutuhkan fungsi yang kuat. Biasanya bahkan memiliki kepala yang berbentuk unik, misalnya bentuk boneka, bunga, atau hati dan berwarna-warni.

Jenis terakhir adalah T-pin yang digunakan untuk membuat kerajinan yang membutuhkan jarum lebih kuat. Jarum pentul jenis ini jarang sekali digunakan dalam kegiatan menjahit.

Jadi, itulah beberapa fungsi dan jenis jarum pentul yang sering digunakan dalam berbagai hal. Kini Anda tahu apa jenis dan fungsi sebenarnya, B’timers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE