Tampil Beda, Bermain Unik dengan Gaya Etnik | Breaktime
Tampil Beda, Bermain Unik dengan Gaya Etnik
09.08.2017

B’timers, kebetulan, tanggal 9 Agustus ini bertepatan dengan Hari Masyarakat Adat Dunia. Nah, kalau menurut Wikipedia, perayaan hari ini bertujuan untuk menyuarakan dan melindungi hak-hak penduduk pribumi yang ada di seluruh dunia. Hebat, ya? Pertama kali hari ini ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Desember 1994.

Kalau kita bicara soal pribumi, tentu ada kaitannya dengan adat istiadat. Nah, setiap negara dan daerah pasti punya yang namanya adat. Kali ini coba kita lihat kaitan adat dengan dunia fashion. Adat menjadi cikal bakal lahirnya fashion etnik yang merepresentasikan budaya dan kekhasan suatu daerah, lho.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tutorial Hijab Syar’i nan Modis Untuk Anak

Fashion etnik sendiri biasanya memakai motif khas yang unik, seperti misalnya gaya etnik ala Afrika yang memakai banyak bulu. Nah, etnik memang menunjukkan identitas kebudayaan suatu kelompok tertentu. Jadi, kalau ladies bergaya dengan fashion etnik, ini adalah bentuk ekspresi kecintaan Anda pada budaya.

Barangkali, Anda tergolong penyuka gaya etnik? Bisa banget kali ini Anda mengenakan outfit dengan tema etnik untuk ikut menyemarakkan Hari Masyarakat Adat Dunia. Coba, mungkin Anda senang gaya afrocentric yang banyak bermain dengan warna dan motif. Style ini juga didominasi oleh model baju kaftan yang juga banyak dipakai oleh muslimah.

Tampil Beda, Bermain Unik dengan Gaya Etnik | Breaktime
Kaftan dengan gaya modern (cr. Womensok)

Anda bisa coba memakai kaftan yang memiliki printed pattern dengan warna-warni didominasi hitam, cokelat, merah dan biru. Baju ini terlihat anggun dan memang cocok jika dipakai untuk acara formal serta ke pesta dan nikahan. Buat hijaber juga akan pas memakai dress model ini karena long sleeved sehingga tinggal melengkapi dengan hijab saja.

Jenis baju model etnik ini memang terkenal dengan desainnya yang terlihat lebih santai dan rileks ketika dipakai. Namun, beda lagi dengan Renaissance fashion yang merupakan gaya gaun dari zaman Renaissance England. Gaun etnik Renaissance adalah modelnya korset yang fit di badan dengan rok yang menggembung dan menggantung ke pergelangan kaki.

Nah, gaun yang modelnya lebih terpotong di bagian kerah dan banyak mengekspos leher, itulah yang lebih disukai dan menurut orang-orang pada masa itu lebih fashionable. Kalau ladies mau yang gayanya lebih modern, ada inspirasi jadul tapi modis dari koleksi musim gugur tahun 2009. Ini merupakan gaya Renaissance woman yang kreatif dan mencintai seni.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah di Balik Penggiat Model Gaun Batik Masa Kini
Tampil Beda, Bermain Unik dengan Gaya Etnik | Breaktime
Menjelma jadi Renaissance woman (cr. Marie Claire)

Gaun sleeveless V-neck berwarna merah dengan motif floral print yang dilengkapi statement berupa belt, dipadukan legging berwarna kuning terang yang memang kontras.  Anda bisa melengkapinya dengan memakai heeled ankle boots hitam bertali yang menambah kesan klasik namun classy. Style ini lebih dinamis dan bebas, cocok buat beraktivitas yang lebih casual seperti hangout. Bukan selera ladies? It’s ok, ada lagi gaya etnik lainnya yang bisa Anda coba.

Tampil Beda, Bermain Unik dengan Gaya Etnik | Breaktime
Gadis Boho yang simple dan chic (cr. glamourina.net)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
McDonalds keluarkan produk fashion terbaru lho! Penasaran?

Apalagi, kalau Anda tipe yang simple dan suka dengan gaya boho, serta hippie look yang chic. Style ala summer dengan gaun Boho yang colorful dan segar akan perfect Anda kenakan. Padukan dengan rompi cardigan rajut berwarna krem yang netral. Kesan lembut dan feminin akan terpancar dari outfit Anda. Kalau dari ketiga style tadi masih belum matched dengan Anda, tinggal opsi yang terakhir.

Tampil Beda, Bermain Unik dengan Gaya Etnik | Breaktime
Bergaya etnik dengan batik (cr. Fashionmodelku)

Tuangkan jiwa nasionalisme Anda dengan memakai baju bergaya etnik model batik. Batik yang sudah diakui sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak Oktober 2009 ini, tentu ketika Anda memakainya ada rasa bangga di dalam hati. Apalagi kini batik sudah semakin modern dan banyak kreasi modelnya.

Misalnya seperti outfit untuk yang berhijab, dengan baju merah dan rok lipit batik yang warna-warni. Akan anggun dipakai untuk menghadiri acara formal atau juga undangan ke pesta. Bagaimana B’timers, suka gaya etnik yang mana? (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE