Suka Gaun Bahan Chiffon? Ini Cara Merawatnya! | Breaktime
Suka Gaun Bahan Chiffon? Ini Cara Merawatnya!
24.07.2016

Belakangan ini, kaum hawa terlihat sangat menggemari atasan atau gaun berbahan chiffon. Memang, lebih nyaman digunakan karena terkesan jatuh di badan sehingga memberikan kesan ramping. Nah, Anda sendiri pasti memiliki beberapa potong gaun berbahan chiffon. Agar pakaian Anda awet, inilah cara merawat baju chiffon yang benar.

Ketahui jenis Chiffon-nya terlebih dahulu

Terlebih dahulu Anda harus tahu jenis blouse atau dress yang Anda miliki. Maksudnya, chiffon jenis apa bahan pakaian Anda tersebut. Jika termasuk chiffon yang polyester atau campuran sutera, Anda bisa mencucinya dengan tangan secara manual dengan detergen berformula lembut. Anda juga bisa menggunakan mesin cuci berkecepatan rendah tanpa dimasukkan ke mesin pengering.

Suka Gaun Bahan Chiffon? Ini Cara Merawatnya! | Breaktime
Baju bahan chiffon memang bagus di badan

Namun jika pakaian Anda termasuk chiffon sutera, lebih baik gunakan dry clean di laundry saja, B’timers. Pasalnya, jenis bahan ini tidak dapat terkena air. Pastikan tempat laudry yang Anda pilih mengerti cara melakukan dry clean pada pakaian berbahan chiffon. Jangan sampai zat kimia yang digunakan saat proses pencucian merapuhkan serat chiffon sutera.

Pisahkan saat mencuci

Sebaiknya pisahkan dengan pakaian lainnya saat pencucian. Ini karena bahan chiffon tidak bisa disatukan dengan warna bahan lain. Perlu Anda catat, chiffon sangat mudah menyerap warna pakaian lain yang luntur.

Jangan jemur di bawah terik matahari

Perlu Anda tahu juga, bahan chiffon juga bisa menyusut lho, B’timers. Chiffon memiliki serat atau tenunan yang renggang. Jadi, usahakan untuk tidak menjemur baju chiffon  Anda di bawah terik matahari langsung. Jika terpaksa, jangan lama-lama ya, jemurnya.

Suka Gaun Bahan Chiffon? Ini Cara Merawatnya! | Breaktime
Sebaiknya digantung, saja!

Jangan diperas dan dilipat

Ini juga salah satu cara untuk menghindari susut kain pada gaun Anda. Saat dicuci, jangan pernah memeras blouse atau dress berbahan chiffon yang Anda miliki, ya! Untuk penyimpanan, alangkah baiknya menyimpan pakaian kesayangan Anda tersebut dengan menggantungnya, bukan dengan dilipat.

Nah, itulah cara merawat gaun berbahan chiffon, semoga informasinya bermanfaat, B’timers! (nap)

Share This Article